header-pojok-alfiana

My New Journey with Blog



Haloo, aku Alfiana. Setelah lulus kelas akademis formal akhir tahun 2022 lalu dan wisuda di awal 2023, pertengahan tahun 2023 ini aku memutuskan untuk ikut 'sekolah' lagi lewat kelas Coaching Blogspedia (@blogspedia). Keputusan ini bukan keputusan impulsif, justru sudah aku inginkan dan kupikirkan cukup lama. Dan ini termasuk keputusan yang cukup besar dalam linimasa kehidupanku. Hehee..

Sebelum menyimpulkan kenapa akhirnya memilih blog sebagai hal yang ingin aku pelajari lebih dalam, aku mau cerita singkat dulu soal kenapa akhirnya aku memilih menulis sebagai salah satu kegiatan hidupku?


Sejak kecil sebetulnya sudah mulai dikenalkan oleh Bapak dengan kegiatan menulis. Ingat sekali, mungkin pas kelas 2 atau 3 SD membuat puisi bersama Bapak. Kemudian, juga senang sekali menulis di buku diary bergambar barbie kado dari kakak perempuanku. Mungkin karena hal dasar itulah aku jadi familiar dengan kegiatan menulis.


Nah, pas SMP kenallah dengan blog, karena mendapat tugas TIK membuat akun di blogspot. Jadilah, waktu itu punya akun blog ala-ala di blogspot (tapi sudah lupa juga nama domainnya apa hehe). Tapi ya gitu, gak keisi dengan tulisan karena goalsnya hanya bisa membuat akun.


Pas SMP juga cukup aktif di ekstrakulikuler pembuatan majalah sekolah. Di titik inilah, aku semakin akrab dengan kegiatan literasi tulis menulis. Meskipun tidak secara intensif banget mempelajari, tapi sedikit banyak pengayaan diriku adalah seputar kepenulisan.


Di jenjang lanjutan SMA, lagi-lagi aku ikut kegiatan ekstra Karya Ilmiah. Meskipun aku tidak maksimal ikutan (karena program kelasku cukup menghabiskan waktu dan jadwal ekstra sering tidak cocok dengan jadwal kelas), tapi sedikit banyak aku mendapat beberapa pengayaan materi tentang kepenulisan lewat ekstra Karya Ilmiah tersebut. Pas di SMA pun kegiatan menulis diary (istilah jaman sekarang journalling) makin sering aku lakukan, bahkan setiap malam sebelum tidur aku menulis di buku diary.


Saat kelas XI, aku tiba-tiba diminta mengikuti lomba jurnalistik karena dirasa oleh wali kelas aku yang memungkinkan untuk bisa mengikuti kategori lomba tersebut. Di perlombaan tersebut aku diminta menulis artikel dengan tema yang baru ditentukan saat itu juga dengan waktu menulis 2 jam. Aku berusaha menulis semaksimal yang aku bisa. Aku tidak berharap apapun, karena yaa selain mendadak, aku juga merasa gak jago-jago amatlah, bisa nulis tapi ya biasa aja gitu skill-nya. Namun, tiba hari pengumuman lomba, ternyata aku mendapat Juara 1. Saat menerima piala, aku merasa "oh ternyata aku bisa nulis, ya!"


Saat kuliah, aku justru gak terlalu aktif menulis karena jadwal kuliahku sangat padat, dari pukul 8 sampai 4 sore. Apalagi kalau kegiatannya praktikkum benar-benar tenaganya habis, sampai rumah cuman pengen istirahat, karena besok paginya harus berangkat pagi lagi. Rekam jejak menulis saat kuliah selain skripsi adalah menulis beberapa buku antologi saja. Dan rasanya cukup memuaskan setiap kali bisa menyelesaikan satu tulisan pendek untuk diterbitkan antologi. Waktu kuliah juga sempat membuat Buku Pedoman untuk organisasi yang aku ikuti. Selain itu, tentu saja menyusun skripsi. Saat menyusun buku pedoman dan skripsi, aku merasa sangat terbantu dengan kefamiliaranku pada kegiatan menulis, jadi aku sama sekali tidak merasa terbebani dan sangat menikmati momen-momen menulis skripsi.


Di pertengahan kuliah, aku membuat blog dengan hosting dan domain yang berbayar, tapi karena belum bisa memenej waktu dan bigwhy-nya belum ada, jadi ya lagi-lagi cuman bikin, dilayout ala-ala, tapi gak diisi. Jadi, cuman satu tahun berjalan tidak diperpanjang lagi (mahal cuyy wkwk!!)


Lalu September 2016, aku membuat akun blog gratisan di blogspot (www.alfianainfo.blogspot.com) karena memang pengen banget nulis di blog. Terutama untuk belajar konsisten nulis. Tapi ya masih mentok di beberapa tulisan di awal bikin blog, terus gak keurus lagi. Karena sibuk dengan kuliah, organisasi, kegiatan PKL, skripsi, kelulusan, dan persiapan kuliah lagi.


Karena seringkali ikut project menulis antologi, aku jadi familiar dengan penerbitan buku, lalu dengan beberapa pertimbangan aku akhirnya juga mendirikan platform menulis buku antologi di April 2020, yaitu Aksara Bersama. Rentang tahun 2020-2022 selain kuliah, aku disibukkan dengan menjadi project leader penerbitan buku antologi, membuat konsep buku, menjadi editor buku, juga menjadi layouter. Di tambah lagi, aku bergabung di Komunitas Read di kota Semarang. Kenal dengan orang-orang baru, terus jadi sering ngobrolin topik-topik seputar kepenulisan juga, salah satunya tentang blog. Kegiatan-kegiatan tersebut yang membuatku semakin dekat dengan dunia literasi dan kepenulisan.


Oya, aku kadang kalau ada waktu sering baca-baca artikel tentang kelola blog, jadi istilahnya belajar blog itu ya otodidak. Terus di akhir 2022 aku ikutan kelas membuat Website Wordpress, karena ada tuntutan membuat website untuk Aksara. Jadilah website official ala-ala untuk Aksara dengan domain customize dan hosting yang berbayar (www.aksarakreatif.com) Tapi akhirnya, aku mendapat kendala untuk melalukan customize page dari wesbiter tersebut. Karena belum terlalu ngerti banget soal kustomisasi plus gak ada waktu untuk belajar lebih dalam lagi maka waktu itu memutuskan untuk ambil jasa kelola website dengan biaya yang gak murah. Pada saat itu, membayangkan betapa bisa berhematnya jika bisa kustomisasi sendiri. Jadi, ya lebih ke eman-eman aja sih udah bayar mahal hosting dan domain tapi gak dikelola serius. Selain, karena udah setengah basah juga di dunia menulis, sekalian sajalah basah 'nyemplung'.


Gayung bersambut, ehhh gak sengaja di Komunitas Read Aloud Semarang ada sesi sharing dari Mbak Marita soal blogging dan aku pun jadi moderatornya. Aku cukup antusias baca materi dari mbak Marita soal blogging. Dan dari situ aku jadi makin pengen untuk aktif kembali menulis secara konsisten lewat blog (selain nulis yang di Aksara), nulis untuk diriku sendiri, untuk menyalurkan kepengenanku, hal yang udah lama aku geluti di dunia kepenulisan, cuman belum konsisten.


Jadi, sebetulnya aku masih bingung, apakah menulis ini benar-benar hal yang aku bisa? Apakah benar-benar menjadi kelebihanku? Karena awalnya kan karena memang terbiasa di lingkungan menulis gitu. Tapi masih belum menemukan apakah menulis itu bagian dari diriku? Apakah menulis ini benar-benar bisa menjadikanku bahagia? Bahkan apakah benar-benar bisa menjadi salah satu skill (ketrampilan) diriku? Dan bahkan bisa menjadi salah satu pekerjaanku?


Dann eh kok dapet golden ticket untuk ikut Coaching Blog. Ya udahhh pas waktunya ada pendaftaran, Bismillah daftar, dan ternyata LOLOS.


Mari kita menyelam lebih dalam.

Mari kita pelajari lebih sungguh-sungguh.

Mari kita coba...


Hingga nanti menemukan jawabannya.


Karena kalau nggak dicoba, ya nggak akan ketemu jawabannya.


Bismillah petualangan baru dimulai.


BIG WHY?

Jadi, kalau ditanya apa bigwhy belajar blogging, jawabannya adalah untuk membantu menemukan diriku sendiri.  Apakah benar-benar suka menulis? Apakah benar-benar bisa menulis? Apakah bisa konsisten menulis?


Selain itu, semoga bisa membantu menumbuhkan komunitas yang sedang kujalani yaitu Rumah Baca Nusantara Inklusi, Rangkul Disabilitas, dan Read Aloud Klaten. Karena memang blogging itu selain tulis menulis artikel yang 'gue banget' bisa juga dikerjakan bersama-sama dengan teman satu komunitas.


Kemudian, juga sempat sekilas kepikiran, jika suatu waktu aku memutuskan untuk jadi full time mom (jiahhh udah mikir jauh hehe, ada sih pengen jadi full time mom gitu, tapi pengen kerja juga wkwk) yaa intinya nanti aku tetep punya skill buat aku produktif baik produktif karya maupun produktif finansila meskipun cuman di rumah istilahnya. Dan misalnya nanti tetep kerja juga itu ya tetap bisa produktif lewat karya di blog juga. Atau bisa untuk release perasaan, journaling, untuk berbagi tips, pengalaman, atau hanya curhat-curhat aja juga tidak masalah. Jadi, aku pikir akan jadi skill tambahan untuk diriku sendiri menggeleti blogging ini.


Dan kenapa memilih BLOGSPEDIA?

Karena udah dapat golden ticket, eman wkwk. Kalau dilihat dari materinya kayaknya akan cocok banget denganku, karena akan dikupas dari basic. Dan sistemnya itu sistem kick, kayaknya akan jadi menantang.


Ada beberapa komunitas blogger yang aku tahu, seperti Blogger Perempuan, Kumpulan Emak Blogger, dan Gandjel Rel. Komunitas-komunitas tersebut belum ada yang aku ikuti secara serius, hanya follow akun sosial medianya dan hanya sesekali saja mengecek postingannya. Beberapa kali blogwalking ke para blogger (yang aku tahu dari sosial media) tapi jarang sekali meninggalkan komen di blog mereka hehe.


Nah, besok kan bismillah mau serius nulis di blog itu juga belum tahu banget sebenernya mau pilih niche blog apa? Mau spesifikasi nulis apa gitu aku sampai sekarang juga belum menemukan. Cuman, ya sudah gak apa-apa, nulis aja dulu apa saja yang dipikirkan. Jadi mungkin nanti akan pilih niche lifestyle. Dan karena aku beberapa kali pergi jalan-jalan, mungkin tulisanku juga akan ada tentang travelling.


Lebih dari itu semua, yang penting aku nulis blog untuk menabung kebaikan untuk diriku sendiri, melakukan kebaikan itu termasuk ibadah, bukan? Syukur ada artikel yang bagus dan menginspirasi bisa jadi manfaat untuk orang lain juga. Dan tentu saja, untuk membantu menemukan diriku sendiri. Masalah nanti akan pasang Adsense, akan terima kerjaan di blog, atau kegiatan monetisasi lainnya, itu akan kupikirkan juga nanti.


Let's start the journey again with consistency, passion, happiness, and joy!


Ditulis oleh:

Alfiana Fitri Istiqomah

Instagram @alfianafitri.blog



✓ TerlamaLebih baru ›

Posting Komentar