header-pojok-alfiana

Jangan Panik, Ini Cara Mudah Belajar dan Praktik SEO on Page anti Ribet

cara-mudah-belajar-seo-on-page

Dear
, selamat datang kembali di ruang nyaman tempatku melakukan perjalanan 😊

Perjalanan menulis yang saat ini sedang aku jalani adalah menulis di media blog. Setelah berhasil membangun sebuah blog atau website Alfiana’s Journey ini, kini saatnya melanjutkan perjalanan lagi yaitu belajar SEO. Di blogku, aku juga sudah menceritakan perjalanan seruku membangun blog.

Sebetulnya, sudah lama tahu tentang SEO, sekilas dari beberapa teman yang cerita, tapi kok pas diceritain ngerasanya susah dan ribet banget, ya! Rasanya malah jadi males nulis karena mikirin SEO. Kamu pernah merasa seperti itu? Wkwk kamu tidak sendiri, Dear.

Nah, tapi tenang, Dear, di ruang nyaman ini kamu akan aku ajak untuk bertualang belajar SEO on Page yang mudah, anti ribet, tanpa panik, sat set bisa!!

Pengertian SEO

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization atau kalau dalam bahasa Indonesia artinya Optimisasi Mesin Pencari. SEO ini adalah sebuah teknik agar konten yang kita sajikan dalam blog atau website lebih mudah muncul di halaman mesin pencari.

Maksudnya gimana?

Ketika kita ingin mencari suatu hal, pasti kita akan menuliskan sebuah kata kunci di halaman mesin pencari. Kemudian, mesin pencari (contohnya Google) akan menampilkan artikel-artikel terkait dengan kata kunci yang kita tuliskan. Mesin pencari akan menampilkan ribuan bahkan jutaa artikel yang relevan dengan kata kunci.

Nah, darimana Google tahu kalau artikel yang tampil itu relevan dengan yang kita cari? Inilah peran dari SEO. SEO ini adalah hal-hal yang perlu kita terapkan dalam konten agar artikel kita dilirik oleh mesin pencari. Dengan penerapan SEO yang tepat, konten dari website kita akan nangkring di halaman utama mesin pencari, keren bukan?

Pembagian SEO

Teknik SEO ini ada dua macam :

SEO On Page

Teknik SEO yang diterapkan langsung pada konten atau artikel dan website

SEO Off Page

Teknik SEO berkaitan dengan hal-hal di luar konten atau artikel dan website.

SEO On page

Dalam tulisan ini, aku akan membahas tentang SEO on Page terlebih dahulu.
Jika dianalogikan, blog atau website adalah sebuah bangunan rumah. SEO on Page adalah pondasinya. Tidak hanya sebagai pondasi, SEO on Page ini juga termasuk eskterior rumah, interior rumah, layout rumah, taman depan rumah, dan semua hal yang melekat dari rumah tersebut.

Manfaat SEO on Page

manfaat-seo-on-page

Proses menulis lebih terstruktur

Tidak bisa dipungkiri, proses menulis itu memerlukan waktu yanng tidak sebentar. Terlebih jika masih newbie di dunia ini. Yang saya rasakan, jika kita terbiasa untuk menulis kita akan menemukan sebuah pola berpikir yang unik, yaitu pola berpikir yang terstruktur. Ditambah, jika kita mempraktikkan kaidah SEO on Page, makin tersrtruktur deh pokoknya. 

Apalagi jika kita menerapkan pengaturan Heading, ini akan sangat membantu. Kita dapat menuliskan kerangka berpikir atau kerangka konsep dalam list poin-poin yang nanti tinggal dikembangkan. List poin-poin inilah yang akan menjadi heading. Dan tentunya, dengan Heading tidak terlalu membuang waktu untuk bengong mikir mau nulis apa.

Menjadikan konten lebih berkualitas

Dengan kita tahu apa saja yang ingin kita tulis (melalui poin-poin dan aturan heading), hal ini akan menghindarkan penulis menulis kalimat yang berulang-ulang. Pernah kan mendapati sebuah artikel yang memuat suatu paragraf dengan bahasan A, nah nanti di paragraf ke berapa di bahas lagi bahasan A, nanti di akhir di bahas lagi A.

Dengan tidak mengulang-ulang bahasan, akan menjadikan konten atau artikel berkualitas. Sehingga, dapat menjawab kebutuhan pembaca secara mendalam.

Konten jadi tepat sasaran

Manfaat lain dari menerapkan SEO on Page adalah menjadikan konten tepat sasaran. Ketika kita menerapkan kaidah SEO dengan tepat, maka otomatis konten atau artikel kita akan menemukan jodoh yang tepat pula. Karena kata kunci yang ditulis dan konten yang ditampilkan mesin pencari akan sinkron.

Menaikkan traffic

SEO on Page ini terpasang terus di sebuah konten yang sudah dipublikasikan. Hal ini akan memaksimalkan mesin pencari untuk menyuguhkan bacaan yang sesuai dengan si pencari. Hal ini berlangsung terus menerus, setiap detik, menit, jam, hari, bulan. Sehingga, ketika SEO on Page yang kita terapkan sudah spesisik, traffic atau pengunjung website akan terus naik.

Mengundang trust

Poin ini juga berhubungan dengan beberapa poin manfaat SEO on Page sebelumnya. Ketika sebuah wesbite memuat konten yang berkualitas, tepat sasaran, dan trafficnya ini akan berdampak pada kepercayaan mesin pencari pada website kita. Mesin pencari akan menyimpan data-data dari website kita untuk nantinya ketika ada seseorang yang mencari suatu hal yang ada di wesbite kita, mesin pencari akan merekomendasikan website kita.

Selain itu, trust atau kepercayaan ini juga bisa datang dari pelaku bisnis. Pelaku bisnis akan senang menggandeng blogger atau website yang memuat konten yang berkualitas, tepat sasaran, dan yang mempunyai traffic bagus.

Cara Mudah untuk Belajar dan Praktik SEO

cara-mudah-praktik-seo-on-page
Sudah tau pengertian SEO, pembagian SEO, dan manfaat SEO, kini saatnya kita belajar cara mudah untuk mempraktiikan SEO. Aku akan tulis list-list hal apa saja yang perlu digarap untuk mempercantik rumah kita yaitu blog dengan menerapkan kaidah SEO on Page.

Judul

Ibarat sebuah rumah, judul artikel adalah fasadnya. 
Namanya juga fasad rumah dia yang paling nampak dari depan. Fasad yang membuat orang mengambil keputusan tentang rumah tersebut. Fasad yang membuat orang mau atau tidak untuk melirik rumah tersebut.

Sama halnya dengan judul. Judul adalah salah satu tools yang membuat mesin pencari mau melirik atau tidak konten kita. Selain menuliskan kata pemanis, uliskan kata kunci di dalam judul. Jangan terlalu panjang atau terlalu pendek. Jumlah karakter judul idealnya 55 karakter.

Permalik

Permalink adalah satu rangkaian link dari https. Pada permalik wajib hukumnya untuk menyisipkan kata kunci.

Metadeskripsi

Dalam 150 karakter meta deskripsi, tuliskan beberapa kata kunci yang relevan. Riset kata kunci diperl

Optimasi Paragraf

Kata kunci ini harus muncul di mana-mana. Dia harus ada di keseluruhan konten tapi tidak boleh menggangu isi konten. Sisipkan di paragraf pertama, di tengah paragraf, dan juga di akhir paragraf. Karena si mesin pencari ini pintar sekali, dia bisa menampilkan isi artikel kita di mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dituliskan.

Selain sering-sering menuliskan kata kunci, optimasi paragraf yang lain adalah dengan mengoptimalkan jumlah kalimat dalam satu paragraf. Jumlah baris dalam satu paragraf tidak perlu terlalu panjang, apalagi zaman sekarang artikel lebih sering diakses melalui mobile.

Penggunaan Heading

Selain harus muncul di judul, permalink, dan paragraf, kata kunci juga perlu ditampilkan di Heading. Heading adalah judul-judul tiap sub topik, biasa digunakan untuk penataan struktur paragraf. Ada H1, H2, H3, dan seterusnya.

Jumlah Kata

Meskipun para coach belum bersepakat soal berapa sih jumlah kata yang ideal untuk sebuah artikel? Ada yang bilang 500 kata, 800 kata, 1000 kata, bahkan 2000 kata. Namun, yang perlu digarisbawahi berapapun jumlah kata yang ditulis, pastikan artikel yang ditulis menjawab kebutuhan pembaca.

Optimasi Gambar

Dalam sebuah artikel seringkali termuat gambar atau ilustrasi. Nah, dalam memasukkan gambar jangan lupa menulis keyword di Tittle dan Alt Text Image/Video yang diunggah. Cara detail melakukan optimasi pada gambar dikupas tuntas dalam artikel Optimasi SEO pada Gambar.

Link pada Artikel

Dalam sebuah link, penulis konten juga perlu menambahkan internal link dan eksternal link. Internal link adalah link yang menuju website sendiri, sedangkan eksternal link adalah yang menuju wesbite lain.

Penggunaan LSI Keyword

LSI keyword ini semacam padanan kata kunci utama. Dari kata kunci utama, kita cari padanan lain yang juga menjelaskan kata kunci utama. Ini penting, karena tidak mungkin dalam satu artikel kita akan terus menerus menggunakan satu kata kunci saja, itu akan membosankan!

Kekuatan Medsos

Zaman sekarang, salah satu strategi menawarkan sesuatu adalah melalui media sosial. Bagikan tulisanmu melalui media sosial yang kamu miliki. Teman-temanmu di media sosial akan mempunyai awarness dan ketertarikan akan artikel yang kamu tulis di website.

Isi Konten

Sudah mendapatkan kata kunci, judul menarik, penggunaan heading, optimasi paragraf, bahkan optimasi gambar tapi saat artikel atau konten dibaca lahhh kok ZONK!! Isinya cuman mengulang-ulang kata kunci.
Bagaimanapun, konten adalah mahkota sebuah artikel. 
Tulis konten yang dapat menjawab kebutuhan pembaca. Mesin pencari akan senang dengan konten yang berkualitas dan berbobot, alias isinya ndaging.

Inspeksi URL

Poin ini juga cara salah satu strategi pamungkas. Setelah semua SEO on Page dilakukan, lakukan inspeksi URL setelah kita menerbitkan artikel terbaru atau setelah melakukan proses editing yang cukup lama di artikel. Cara detail melakukan inspeksi URL ada dalam artikel ini mengenai Google Search Console ini, Dear.

Perhatikan Loading Halaman

Sudah menerapkan SEO on Page di atas, sudah buat konten yang berkualitas dan daging tapi kok tidak ada yang berkunjung? Coba cek, berapa lama loading halaman wesbitemu? Apakah cepat atau Lola, alias Loading lama?

Jika sebuah webiste loadingnya lama, sudah pasti orang akan malas untuk mampir dan segera berpindah menuju website lain.

Epilog

Terjun dalam dunia blogging tidak bisa terlepas untuk menerapkan kaidah SEO. Meski terlihat rumit, belajar SEO on Page ini menantang, karena dapat menjadikan diri kita makin bermanfaat sebab konten kita akan lebih mudah ditemukan.

Perjalanan belajar SEO on Page ini mungkin cukup menguras pikiran, ya, Dear. Namun, itu tidak masalah. Jalan saja pelan-pelan, nanti akan kita temukan formula versi kita sendiri cara yang mudah untuk menerapkan kaidah SEO ini.

Selamat bertualang dan mengarungi perjalanan lewat belajar SEO, Dear.

Teman perjalananmu,
Alfiana :)

3 komentar

  1. Merasa terlambat belajar dan praktik seo on page. Tapi dengan tulisan ini, jadi semangat belajar lebih dalam tentang seo on page

    BalasHapus
  2. Panik sih awal belajar SEO ini. benar-benar baru banget.. doain ya bisa familiar dengan optimasi ini

    BalasHapus
  3. Aku masih meraba-raba soal SEO ini. semoga bisa learning by doing.

    BalasHapus