header-pojok-alfiana

Pusing Memikirkan Ide Bermain bersama Anak? Krucilpedia.id Solusi Galau Ibu-Ibu se-Indonesia

pusing-memikirkan-ide-bermain-anak-krucilpedia.id-solusinya


Dear, apa yang kamu pikirkan apabila harus menemani si kecil untuk seharian bermain dan belajar? Entah itu di rumah, di sekolah, atau dalam acara-acara playdate?

Tentu otak kita berputar dengan pertanyaan-pertanyan ini:

Mau ngapain, ya?

Diajak mainan apa, ya?

Tema belajarnya apa, ya?

Nyiapin alat apa aja, ya?

Pas udah ketemu mau ngapain, persiapannya butuh waktu lama nggak, ya?

Yahhh, dulu udah pernah mainan ini, udah pernah belajar ini, bosenn nggak ya anaknya?


Dan segudang kegalauan memenuhi kepala kita apalagi jika para Bunda memutuskan mendidik anak-anaknya sendiri secara full time atau seorang guru yang harus mengajar setiap hari. Bayangkan setiap hari harus memikirkan pertanyaan-pertanyaan itu, harus menyiapkan semua hal untuk keperluan bermain dan belajarnya anak. Bisa-bisa hormon setres meningkat, ya Bund!!

Dan itu juga kegalauan yang aku rasakan. Karena aku juga terlibat dalam kegiatan sosial anak-anak di Rumah Baca Nusantara Inklusi dan di Komunitas Read Aloud Klaten. Dua komunitas tersebut secara aktif melakukan kegiatan-kegiatan seputar belajar dan bermain bersama anak. Bayangkan, sudah lelah bekerja masih harus memikirkan ide bermain untuk komunitas, ‘kadang mumet’ juga gaisss, wkwk

Tapi oh tapi, kegalauan itu cukup sampai di sini, Dear.

Krucilpedia.id solusi atas kegalauan ibu-ibu se-Indonesia


krucilpedia.id-solusi-galau-ibu-indonesia

Mbak Unik Pratisi, salah satu kawan dekat selama berkecimpung di Komunitas Read Aloud Semarang memberi jawaban atas kegalauan-kegalauan Ibu-Bunda-Mom semua. Mbak Unik yang sudah memang suka dengan dunia anak --etsss beliau ini founder dari Komunitas Read Aloud Semarang, punya ide cemerlang. Menggabungkan dengan pengalaman kerjanya di bidang sistem informasi, Mbak Unik meluncurkan sebuah blog bernama Krucilpedia.id

Krucilpedia.id ini nantinya akan menjadi sebuah platform edukasi, lebih spesifik untuk para orang tua yang ingin mendapatkan ide bermain dan belajar bersama anak-anak.

“Nanti, akan ada printable-printable untuk belajar dan bermain yang bisa diunduh gratis,” tutur Mbak Unik saat aku tanya mengenai isi blognya.

Lebih lanjut bercerita, ide bermain dan template yang bisa diunduh nggak cuman satu tema, tapi akan beragam. Akan ada ide bermain dan belajar dengan tema matematika, lingkungan, sains, sosial, bahasa, seni, dan tema-tema lainnya. Bukan hanya template tapi ada juga ide. Jadi, akan disajikan ide disertai artikel cara mengeksekusi ide tersebut plus diberikan gambar akhir dari ide tersebut jika sudah terealisasi.

Krucilpedia.id akan menyajikan beragam ide aktivitas, mulai dari aktivitas edukasi, aktivitas kreasi, berkaitan dengan aktivitas liburan dan tutorial menggambar. Lebih advance-nya lagi, di Krucilpedia.id akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat bahan-bahan untuk aktivitas bermain tersebut.

Setelah itu mbak unik bercerita bahwa ide isi blog ini salah satunya berasal dari blog luar negeri bernama krokotak.com . Mbak unik mau bikin untuk versi khusus anak Indonesia.

krucilpedia.id-wahana-edukasi-dan-ide-bermain-anak
 
Tidak sampai di situ ternyata, Dear. Krucilpedia.id akan kita lengkapi dengan akses artikel-artikel informatif yang dapat mengedukasi parents.

“Nanti, akan ada artikel-artikel edukasi, juga. Mirip web tentanganak.com. Artikel-artikel ringan, Mbak. Fokusnya memberikan template dan ide bermain, tapi sembari ada edukasinya,” sambung Mbak Unik menjelaskan.

Saat Mbak Unik menjelaskan, jemariku multitasingking mengunjungi website krokotak.com dan tentanganak.com Saat melihat dua website yang dijadikan Mbak Unik rujukan, aku geleng-geleng kepala. Dua website ini, Jempol!!

“Selain artikel, nanti akan ada buku anak juga, Mbak,” tambah mbak Unik.

Kali ini responsku, bukan lagi geleng-geleng kepala, tapi melongo gak bisa berkata-kata lagi.

Tentu ini sejalan dengan peran yang selama ini Mbak Unik jalani, yaitu selain menjadi Ibu dari duo G, mbak Unik juga aktif sebagai relawan literasi melalui Komunitas Read Aloud Semarang yang aktivitas kerelawanannya adalah membacakan buku secara nyaring untuk anak.

Mbak Unik juga menambahkan bahwa nantinya Krucilpedia.id juga terbuka dengan kerjasama konten. Siapa saja boleh terlibat dalam project Krucilpedia.id . Jadi, bisa menghimpun banyak ide dari teman-teman semua yang kemudian dipakai kembali oleh teman-teman.

Aku jadi membayangkan, bagaimana ketika Krucilpedia.id ini nantinya akan menjadi sebuah platform besar yang akan memudahkan para orang tua. Tidak hanya orang tua, tapi siapa saja yang memerlukan ide bermain dan informasi edukasi lainnya. Orang tua, guru, mahasiswa, pegiat literasi, semua akan butuh Krucilpedia.id

Krucilpedia.id ini one stop solution.

Cukup dengan mengunjungi satu website, kita akan mendapat semua hal berkaitan dengan anak-anak, khususnya untuk ide bermain. Ibaratnya kalau kita belanja, gak perlu berkungjung ke banyak toko, cukup masuk di satu toko, tapi semua kebutuhan ada di situ semua.

“Gak perlu lagi nih browsing ini dan itu, harus cari ide sana-ide sini, langsung ke Krucilpedia.id aja, hemat waktu!!” batinku ketika Mbak Unik selesai menjelaskan tentang Krucilpedia.id ini.

Niat tulus untuk berbagi


Mbak Unik menutup percakapan dengan pernyataan, “Ini untuk media berbagi, Mbak.”

Mendengar pernyataan Mbak Unik rasanya heart warming banget. Ibu muda kelahiran tanah dieng ini selain punya gagasan cemerlang hatinya pun sangat lapang dan tulus.

Bertemu dengan Mbak Unik rasanya seperti bertemu dengan seorang Kakak. Beberapa kali sering ngobrol, mulai dari hal remeh hingga serius. Mbak Unik banyak memberikan insight positif untukku lebih-lebih tentang refleksi kehidupan.

Kami berdua sama-sama menekuni dunia read aloud. Mbak Unik di Read Aloud Semarang, saya di Read Aloud Klaten. Dan sekarang, kami sama-sama sedang belajar di dunia blogging.

Dan blog yang sekarang Mbak Unik kelola rasanya juga cocok sekali denganku.

Akhir kata, no words can describe how I’m lucky dan happy meet with Mbak Unik.

Big hug for you, Mbak Unik 😊

6 komentar

  1. Krucilpedia sepertinya jadi yang pertama ya di indonesia,titip salam buat mbak Unik.semoga krucilpedia sukses selalu

    BalasHapus
  2. Waah seru banget kayaknya krucilpedia ya mb. Jadi kepo saya. Pengen main ke krucilpedia

    BalasHapus
  3. Wah seru banget idenya barakkallah , beruntungnya ya mba dapet circle yang punya minat yang sama

    BalasHapus
  4. wah berasa reuni ya mb alfi dan mb unik. terima kasih untuk ide dan referensinya :)

    BalasHapus
  5. Jadi pengen praktik ilmu krucilpedia, cari krucil di mana ya ? hihi.. Makasih mbak Alfi.. sumber ilmu yang keren dan ditampilkan dengan sangat keren juga

    BalasHapus
  6. Terima kasih mbak Alfi sudah menarasikan Krucilpedia dengan apik, terhura ini, doakan bisa terus bergerak dan mewujudkannya yaa mbak.

    BalasHapus