header-pojok-alfiana

Sate Kambing dan Tengkleng Rica Pak Manto, Top Kuliner Legendaris di Kota Solo

sate-kambing-tengkleng-rica-pak-manto-solo

Sumber gambar : @satekambingpakmanto @narinkovilda

Halo, Teman Perjalananku!

Kota Solo tidak akan ada habisnya kalau dibahas. Selain naik daun karena punya destinasi wisata super lengkap seperti yang sudah aku tulis dalam artikel Destinasi Wisata Terbaru di Kota Solo yang Lagi Hits dan Instagramable. Kota yang dijuluki sebagai Kota Bengawan ini juga punya daya tarik pada kulinernya.

Salah satu kuliner legendaris dari Kota Solo adalah Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto Solo. Kuliner ini menjadi favorit mas walikota Solo, Gibran Rakabumi lo, Dear. Dan menjadi top kuliner yang dirokemendasikan di Kota Solo.

Belum juga nulis artikelnya, aku sudah terbayang-bayang dengan cita rasa khas yang makyuss, apalagi sensasi saat menghisap tulang dalam sajian tengkleng Pak Manto ini. Hehe :v

Jadi langsung saja aku ceritakan pengalamanku saat mencicipi kelezatan makanan di Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto Solo

Story Behind Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto Solo

Menurut sumber bacaan, tengkleng merupakan salah satu makanan yang muncul sejak zaman kolonial, Dear. Dulu, olahan inti yang berasal dari daging kambing hanya bisa dinikmati oleh bangsawan dan wong londo.

Para pribumi hanya mendapatkan tulang-tulangnya. Tak kehabisan akal juga demi menyambung hidup, penduduk mengkreasikan bahan yang ada menjadi sebuah sajian lezat dari tulang kambing, yang kemudian diberi nama “Tengkleng”

Pak Manto sendiri mendirikan Warung Makan “Sate Kambing dan Thengkleng Rica-Rica Pak Manto” ini sudah dari tahun 1997. Jika dihitung, sudah 26 tahun buka, pantas saja warung Pak Manto termasuk legendaris. Pak Manto sendiri tutup usia 4 tahun lalu, tepatnya tahun 2019.

Jika Teman Perjalanan melihat dengan jeli, tulisan banner warung Pak Manto ini menggunakan ejaan ‘Thengkleng’ menggunakan huruf ‘h’ dengan latar belakang merah menyala. Jadi, ini menjadi ciri khas Warung Makan “Sate Kambing dan Thengkleng Rica-Rica Pak Manto”.

lokasi-sate-kambing-tengkleng-rica-pak-manto-solo
Sumber gambar https://soloraya.solopos.com/lebaran-warung-satai-pak-manto-solo-tetap-buka-hingga-malam-hari-1308612

Suasana dan Lokasi Tengkleng Pak Manto

Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto ini ada di Jalan Honggowongso No 36, Sriwedari, Surakarta, Jawa Tengah.

Lokasi Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto

Warung legendaris Pak Manto ini cukup mudah dicari, kok, Dear. Dari jalan utama, Jl Slamet Riyadi ambil kanan di lampu merah Hotel Novotel. Kemudian lurus sedikit, warung ada di sebelah kanan, tidak jauh dari Sami Laris. Tapi hati-hati, jalan utama di Solo banyak yang searah, jadi pelan-pelan saja sebelum belok, takutnya kebablasan, xixi.

Teman Perjalanan tidak perlu repot mencari, dari jauh sudah nampak kepulan asap dari dapur warung Pak Manto. Jika sudah terlihat asap yang mengarah ke langit, nah berarti benar itu Warung Tengkleng Pak Manto. Belum juga sampai ke warungnya, perut sudah meronta-ronta. Laperr uyy!!

Ya, salah satu  ciri khas dari Warung Tengkleng Pak Manto adalah cara memasaknya yang masih tradisional, yaitu menggunakan arang. Dapur Pak Manto ada di bagian depan dan samping warung. Jadi, jangan kaget jika suasana makan ditemani dengan kepulan asap, apalagi jika kamu memilih duduk di depan.

Aku sendiri, memilih di bagian dalam. Tempatnya luas dengan meja kursi yang banyak. Suasana di dalam cukup panas apalagi saat siang hari karena tidak menggunakan AC dan hanya ada beberapa kipas. Meski ada beberapa pelanggan yang merasa tidak nyaman dengan hawa panasnya, tapi menurutku, justru ini khasnya. Makan tengkleng huhhah sambil bercucuran keringat.

Meskipun ramai pengunjung, pelayanan di Warung Tengkleng Pak Manto terhitung cepat. Suasana makin asyik ditemani lagu keroncong Solo dari pengamen yang selalu stand by di depan warung.

Menu Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto Solo

daftar-menu-sate-kambing-tengkleng-rica-pak-manto-solo
Sumber gambar @satekambingpakmanto

Gimana-gimana, belum sampai mengulas menu, malah sudah makin ngiler, ya, Dear :v

Soo, letsss we talk about menu :*

Di Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto Solo, tersedia berbagai variasi menu olahan daging kambing.

Yang jadi best seller tentu saja Thengkleng Rica. Saat memesan Tengkleng Rica bisa request tingkat kepedesan: pedas sedikit, sedang, atau pedas banget.

Top menu selain Tengkleng Rica, ada Thengkleng Segar, Sumsum Rica, Sumsum Segar, Tongseng, Goreng Masak, Gule Masak, dan Gule Segar.  

Selain tengkleng dan tongseng yang jadi primadona, ada menu lainnya yaitu Sate Kambing (bisa pesan pesan porsi 5 tusuk atau 10 tusuk), Sate buntal (bisa dipesan per tusuk), gule goreng, garang masak buntel, nasi goreng kambing dan nasi godog kambing.

Bahkan, kalau Teman Perjalanan tidak bisa menikmati daging kambing, bisa memesan menu otak. Ada menu otak masak dan otak goreng.

Untuk harganya, mulai dari Rp 45.000 – Rp 65.000/porsi. Memang cukup pricy, tapi menurutku worth to buy, karena akan tertukar dengan rasa istimewa makanan dan porsinya juga jumbo.

Saatnya Memanjakan Lidah

tengkleng-rica-sate-buntel-pak-manto-solo
Sumber gambar @satekambingpakmanto

Kemarin, pas makan di Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto Solo, aku pesan Tengkleng Rica dan Sate Buntel. Karena hanya berdua jadi pesannya nggak banyak. Memangnya cukup? Cukup bangettt! Soalnya porsi di Pak Manto itu jumbo. Satu porsi Tengkleng Rica bisa dimakan untuk 2-3 orang.

Rasa Tengkleng Pak Manto memang aku akui juara. Tidak ada bau prengus kambing dan bumbu rempahnya tuh kerasa banget. Memang sih, terlalu banyak merica menurutku, jadi rasanya hangat panas gitu. But, its oke.

Tengkleng kan identik dengan tulang belulang dengan sedikit daging. Nah, di Pak Manto, Tengklengnya tuh nggak pelit daging. Jadi, meskipun banyak tulang, masih ada cukup banyak dagingnya juga. Terus aku pesannya dengan tingkat pedas sedang. Dulu, pernah nyoba yang pedas banget, ternyata bener-bener yang pedes gila, gak kuat wkwk.

Sajian dalam piring ada sedikit kuah ricanya yang berwarna hitam kecoklatan, manis tapi berbumbu rempah yang kuat. Wellseasoning banget!! Dilengkapi dengan irisan kol dan tomat. Ada beberapa tulang yang bisa diseruput juga. Lengkapp juaraakk. Ditambah dengan hawa warung yang panas... Bbhhhh, tiada dua!! 

Selain pesan Tengkleng Rica, untuk yang gak pedes aku pesan Sate Buntal. Sate Buntal memang favoritku. Isinya daging giling yang dibumbui lalu dililitkan ditusuk bambu.

Karena makannya juga pakai nasi, rasanya perutnya penuh banget setelah selesai. Semua makanan di meja ludes, tak bersisa, bahkan minumannya pun habis bis setetes pun tak ada. Pas makanan datang, udah mikir habis atau enggak, ternyata habis juga makanan porsi jumbonya. Hahaha..

Meski kemarin bukan kunjungan pertama, masih banyak menu yang belum dicicipin. Tapi karena kemarin hanya berdua dan tidak boleh juga berlebihan saat makan. Tentu saja besok-besok lagi pengen mencicipi menu yang lainnya.

Buruan Nyoba Biar Nggak Makin Ngiler

Aku rasa tidak baik membeberkan kelezatan Tengkleng Rica ini banyak-banyak. Daripada makin ngiler, Teman Perjalanan wajib coba sendiri pokoknya Tengkleng Rica Pak Manto ini.

Atau boleh juga mau nonton food vlogger Mamank Kuliner ini dulu

 

Sumber : Mamank Kuliner https://www.youtube.com/watch?v=emd-pOjBUPw

Pusat Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto ini memang ada di Solo, tapi jangan khawatir, ternyata Pak Manto juga buka cabang di Malang, Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Katanya sih, bumbu yang di cabang dikirim langsung dari Solo juga, Dear.

Tapi kalau saranku, tetep sih wajib coba yang Solo. Hanya di Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto Solo

Sosial media officialnya @satekambingpakmanto

Ayokk, Dear, cobain bareng aku ke Warung Sate Kambing dan Thengkleng Pak Manto!

Teman Perjalananmu,

Alfiana 😊

5 komentar

  1. Duh jadi kangen Solo nih mb. Saya aja yang 6 tahun di Solo belum pernah makan langsung di tempatnya. Kalau dibeliin pernah, tapi belum pernah nyobain sate buntelnya yang cukup populer itu. Memang Solo ini makanan nya paling seimbang rasanya.

    BalasHapus
  2. Mbak, aku pengen ini sejak lama huhuhu.. tambah liat postingan ini, duh gawat

    BalasHapus
  3. Pernah lihat orang posting di IG, habis baca tulisan ini jadi makin laper.. Kalau ke Solo boleh nih buat jadi tujuan kulineran..yummy...

    BalasHapus
  4. Ini yang sering direview youtuber itu ya? Liat fotonya aja auto ngiler

    BalasHapus
  5. Kalau yang di malang jadi penasaran deh kak, siapa tau nanti sempat main ke sana..

    BalasHapus