header-pojok-alfiana

Destinasi Wisata Terbaru di Kota Solo yang Lagi Hits dan Instagramable, Wajib Dikunjungi!

wisata-solo-hits-dan-instagramable
Sumber gambar : https://international.sindonews.com/read/1014487/45/fakta-seputar-masjid-sheikh-zayed-abu-dhabi-1675530168
Halo, Teman Perjalananku!

Beberapa tahun terakhir, Kota Solo menjadi naik daun karena menjadi kampung halaman Presiden Republik Indonesia Jokowi. Sebelum menjadi Presiden RI, Bapak Jokowi adalah walikota Kota Surakarta atau yang kerap disebut Solo.

Selain menjadi kampung halaman orang nomor satu di Indonesia, Kota Solo dikenal sebagai kota budaya karena menyimpan warisan leluhur, yaitu adanya peninggalan Kasultanan Mataram yang terpecah melalui Perjanjian Giyanti tahun 1755. Tak heran, Kota Solo sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan hingga mancanegara.

Selain memiliki Keraton, Kota Solo juga mempunyai tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi bersama teman, sahabat, maupun keluarga. Mulai dari tempat bersejarah, museum, kebun binatang, restoran dan café, bahkan wisata religi, semuanya lengkap ada di Kota Solo.

Berikut daftar Destinasi Wisata Terbaru di Solo yang lagi Hits dan Instagramable yang wajib banget dikunjungi :

Keraton Surakarta Hadiningrat

keraton-solo-hadiningrat-wisata-solo-hits-dan-instagramable
Sumber gambar : https://timesindonesia.co.id/wisata/210904/berwisata-ke-keraton-surakarta-ada-tata-kramanya-loh
Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi. Di dalam kompleks keraton, Teman Perjalanan dapat menyaksikan pertunjukkan seni tradisional Jawa, seperti tari-tarian dan wayang kulit.

Di dalam keraton terdapat berbagai macam peninggalan sejarah, Dear. Jika mengajak anak usia SD-SMP-SMA akan cocok sekali, karena akan banyak ilmu pengetahuan yang bisa diperoleh.

Saat ini, Keraton Surakarta Hadiningrat menjadi tempat wisata terbaru di Solo yang hits dan instgramable, lho, Dear. Lantaran suasana klasik dengan nuansa khas cat warna biru dan putih ini menjadi sudut yang estetik saat difoto.

Saat ini, banyak tour yang dapat diikuti oleh Teman Perjalanan yang menjadi Generasi Milenial dan Gen Z. Dalam paket tour tersebut, Teman Perjalanan dapat berkeliling keraton dengan dipandu guide yang akan menjelaskan sejarah keraton dan setiap sudut bangunannya. Paket tour yang dapat diambil salah satunya melalui Surakarta Walking Tour.

Solo Safari Zoo

solo-safari-zoo-wisata-solo-hits-dan-instagramable

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CwT98XovSer/https://www.instagram.com/p/Cv07Z4LATHF/

Tempat wisata di Solo yang hits dan instagrammable terbaru saat ini adalah Solo Safari Zoo. Dulunya, Solo Safari Zoo adalah Taman Satwa Taru Jurung. Kemudian, dilakukan revitalisasi dan dibuka untuk umum kembali pada tahun baru 2023 ini, Dear.

Solo Safari Zoo sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, apalagi jika mengajak anak-anak. Lokasi Solo Sadari berada di Jalan Ir. Sutami No. 199, Kecamatan Jebres, Surakarta. Solo Safari Zoo ini lokasinya cukup dekat dengan kampus ternama Universitas Sebelas Maret.

Di Solo Safari Zoo, Teman Perjalanan dapat berkeliling melihat beragam satwa, mulai dari gajah, harimau, orang utan, buaya, zebra, panda, dan satwa lainnya. Teman Perjalanan juga dapat berfoto bersama satwa, bahkan juga bisa menyaksikan pertunjukkan satwa.

Keseruan berwisata di Solo Safari Zoo dapat Teman Perjalanan tonton di video Mama Zahra Official ini, Dear :
  
Solo Safari Zoo buka setiap hari, mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB. Untuk menikmati keberagaman satwa unik Indonesia, Teman Perjalanan perlu membeli tiket. Harga tiket reguler saat weekday sebesar Rp 30.000 untuk anak dan Rp 40.000 untuk dewasa. Sedangkan harga tiket saat weekend sebesar Rp 45.000 untuk anak dan Rp 65.000 untuk dewasa. Selain itu, Solo Safari Zoo juga menyediakan paket-paket wisata yang perlu Teman Perjalanan pertimbangkan untuk dipesan, karena dengan harga terjangkau akan mendapatkan beragam fasilitas.

Solo Safari Zoo yang mempunyai menejemen yang sama dengan Taman Safari Indonesia mempunyai akun sosial media yang selalu menyajikan update informasi di @solosafari.id

Reservasi atau pembelian tiket secara online juga dapat dilakukan melalui linktree https://linktr.ee/solosafari.id

The Heritage Palace

the-heritage-palace-wisata-solo-hits-dan-instagramable

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CuL_8-wuCPY/https://www.instagram.com/p/CwFILs0Sk7Y/

Jika Teman Perjalanan ingin mempunyai foto instagramable seperti sedang berada di luar negeri, maka The Heritage Palace adalah destinasi yang sangat pas. Tempat wisata seluas 2.2 hektar ini dulunya ada Pabrik Gula Gembonggan peninggalan kolonial Belanda yang sudah berdiri sejak tahun 1899.

Mempunyai beragam spot foto unik dan estetik layaknya di negara Eropa The Heritage Palace menjadi tempat wisata yang viral di Kota Solo. Lokasi The Heritage Palace ada di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

The Heritage Palace terbagi menjadi dua area, yaitu area indoor dan outdoor. Di area indoor, Teman Perjalanan dapat berfoto di spot foto tiga dimensi. Ada juga Museum Transportasi yang berisikan berbagai mobil antik. Ada juga Omah Kwalik, yaitu spot foto yang mengusung konsep terbalik.

Di area outdoor, Teman Perjalanan dapat berfoto di tempat yang sangat instagramable dengan lata berlakang gedung bergaya Eropa klasik yang megah dan terlihat sangat estetik.

Harga tiket outdoor sebesar Rp 30.000. Dan untuk harga tiket terusan area outdoor dan area indoor Rp 55.000/orang saat weekday dan Rp 60.000/orang saat weekend.

Keseruan foto dan video di The Heritage Palace sering dibagikan di media sosial @theheritagepalace  

De Tjolomadoe

de-tjolomadoe-wisata-solo-hits-dan-instagramable
Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CW3BN4uvzlV/
Tempat wisata instagramable dan hits di Kota Solo selanjutnya adalah De Tjolomadu. Lokasinya berada di Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Lokasinya cukup dekat dari Bandara Adi Sucipto Solo.

De Tjolomadoe dulunya adalah pabrik gula yang dibangun oleh Mangkunegaran IV dengan luas sekitar 1.3 hektar. Kemudian, dilakukan revitalisasi dijadikan objek wisata dan museum peralatan pabrik gula.

Di De Tjolomadoe, Teman Perjalanan dapat berfoto dengan latar belakang cerobong asap yang sangat tinggi. Di area indoor juga terdapat berbagai macam peralatan pabrik gula. De Tjolomadoe kaya akan sejarah karena Teman Perjalanan akan mengetahui sejarah-sejarah terkait pabrik gula pada era kolonial.

Teman Perjalanan dapat menonton video berkeliling De Tjolomadu dari Kompas ini :  
Harga tiket masuknya mulai Rp 35.000, ada harga spesial untuk pelajar dengan menujukkan kartu identitas pelajar yaitu Rp 25.000.

Di sekitar De Tjolomadoe, Teman Perjalanan juga dapat menikmati minuman khas Café Goela.

Masjid Raya Sheikh Zayed

masjid-sheikh-zayed-wisata-solo-hits-dan-instagramable
Sumber gambar : https://alacasa.id/article/read/3/2023/6033/mirip-kayak-yang-di-abu-dhabi-masjid-raya-sheikh-zayed-solo

Ikon wisata terbaru yang hits dan instagramable di Kota Solo dengan nuansa religi adalah Masjid Sheikh Zayed. Berlokasi di Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Masjid megah dan estetik ini adalah hibah dari Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan kepada Presiden Jokowi. Masjid yang digadang menjadi tempat ibadah umat muslim terbesar di Kota Solo ini mempunyai luas bangunan utama sekitar 8.000 meter persegi dan mampu menampung jamaah hingga 10.000 jamaah.

Informasi penting yang perlu Teman Perjalanan ketahui, karena Masjid Sheikh Zayed ini masih sangat baru dan begitu viral, maka banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah ingin berkunjung di masjid megah ini. Jadi, jangan heran jika Masdjid Sheikh Zayed di Solo ini akan sangat padat oleh pengunjung yang ingin merasakan nikmatnya solat di masjid ini.

Masjid Sheikh Zayed ini saat malam hari akan menyala warna biru, sangat indah sekali. Sehingga, jika berkunjung di Kota Solo jangan sampai lupa untuk berkungjung di Masjid Sheikh Zayed.

Grandis Barn

grandis-barn-wisata-solo-hits-dan-instagramable

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CvRVjWXP1dX/?img_index=1https://www.instagram.com/p/CB4tsVWB432/

Selain mempunyai keraton dan tempat wisata religi yang megah Masjid Syeikh Zayed, Kota Solo juga mempunyai banyak tempat makan yang hits dan instagramable, salah satunya Grandis Barn.

Grandis Barn adalah restoran kekinian tetapi juga mengusung unsur klasik yaitu berkonsep seperti bangunan gudang yang berada di tengah hutan jati. Bangunan Grandis Barn dipenuhi dengan jendela kaca. Banyak yang berfoto dan melalukan swafoto di depan jendela kaca ini.

Tempat kuliner Grandis Barn ini viral di media sosial karena hasil foto di depan jendela kaca ini sangat instagramable dan menjadikanmu hits. 

Sajian yang ada di Grandis Barn juga beragam, seperti sop iga dan masakan western seperti Barn Fried Chicken, Chicken Meat Ball dan Salmon Miso dengan harga mulai dari Rp 22.000/porsi.

Jika Teman Perjalanan ke Kota Solo dan mengunjungi Grandis Barn jangan lupa juga berkunjung ke De Tjolomadoe, karena jaraknya cukup dekat.

Intip medoa sosial Grandis Barn di @grandisbarn

Gedung Djoeang 45

gedung-djoang-45-wisata-solo-hits-dan-instagramable
Sumber gambar : https://joglosemarnews.com/2020/01/gedung-djoeang-45-objek-wisata-solo-serasa-eropa/
Wisata terbaru di kota Solo yang saat ini sedang hits dan instagramable lainnya adalah Gedung Djoeang 45. Di sini, Teman Perjalanan dapat menyaksikan bangunan bersejarah khas kolonial Belanda.

Gedung Djoeang 45 ini dulunya adalah kantin para tentara, lalu beralih fungsi menjadi solosiehie innternaat atau asrama, yang juga terdapat balai pengobatan.

Lokasi Gedung Djoeang 45 ini ada di Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon. Tempat ini baru mulai dioperasikan untuk umum dan menjadi tempat wisata mulai September 2019 dan langsung viral karena tempatnya yang instagramable dan hits.

Taman Pracima

taman-pracima-wisata-solo-hits-dan-instagramable
Sumber gambar : https://soloraya.solopos.com/sederet-fakta-menarik-taman-pracima-solo-arti-nama-sampai-pakai-energi-hijau-1529992
Lokasi wisata di Kota Solo yang hits dan instagramable adalah Taman Pracima. Taman Pracima ini termasuk wisata yang masih baru di Kota Solo karena baru dibuka untuk umum mulai awal Januari 2023.

Taman Pracima berada di Kompleks Pura Mangkunegaran. Taman ini menjadi pusat dan wadah kebudayaan sekaligus tempat mempromosikan Pura Mangkunegaran kepada masyarakat umum.

Keunikan Taman Pracima adalah adanya restoran fine dining ala para bangsawan. Menu restoran adalah menu-menu favorit para raja terdahulu, seperti dendeng age, brubus, dan garangasem. Jika Teman Perjalanan ingin merasakan restoran ala kerajaan maka harus melakukan reversasi jauh-jauh hari secara online.

Ayo ke Solo!!

Daftar Destinasi Wisata Terbaru di Solo yang Lagi Hits dan Instagramable yang aku tulis di atas belum semuanya, Dear. Masih ada banyak tempat wisata lainnya di kota Solo, lho. Buruan datang ke Kota Solo untuk bertualang dan melakukan perjalanan di keraton, museum, masjid, dan juga tempat kulinerannya.

Jika ke Kota Solo jangan lupa untuk mampir juga ke Klaten, karena di Klaten juga banyak Wisata Alam di Umbul dengan air yang bening dan segar. Jarak Kota Solo dan Klaten hanya sekitar 22 – 30 km. Wajib banget dicoba deh pokoknya, Dear.

Jangan lupa kalau berkunjung ke Solo dan Klaten untuk menghubungiku, ya, Dear! Jika waktunya pas akan kutemanimu untuk melakukan perjalanan menyenangkanmu :)

Teman Perjalananmu,
Alfiana 😊

9 komentar

  1. Kalau ke De Tjolomadoe, silakan mampir ke rumah saya, Mbak 😁

    BalasHapus
  2. Wow lengkap banget referensinya mbak :D boleh nih kalau ke solo semoga bisa segera :D

    BalasHapus
  3. Wahhh mantaaap. Terima kasih Mbak atas rekomendasi nya :D Awal Juli kemarin sempat mau family trip ke Solo tapi gagal karena satu dan lain hal padahal udah booking penginapan tiga hari, hiks... Next time semoga terealisasi beneran bisa ke Solo. Itu Grandis Barn btw punya ayank *EhCandaAyank Rio Haryanto kalau nggak salah ya Mbak hihi .

    BalasHapus
  4. Ternyata Solo tidak kalah bagus temoat wisatanya dengan Yogya, 11-12 lah ya mereka. Pingin banget ke masjid sheikh zayed karena dekat sekali dengan stasiun balapan. Pas lereta berhenti di stasiun sempat kaget,kok ada masjid putih bagus.eeeh ternyata masjid sheikh zayed

    BalasHapus
  5. yaampun, 3 tahun saya di solo malah belum pernah kesini..

    BalasHapus
  6. Yang belum pernah ke Gedung Djoeang 45, ternyata bagus ya mbak. Untuk belajar sejarah juga.

    BalasHapus
  7. Masjid syekh zayed selalu jadi kenangan buatku kak xixi, volunteer disana kebetulan😁

    BalasHapus
  8. Wah...bisa jadi referensi tujuan nanti pas main ke Solo.
    Kak, sekalian tempat kulinernya mungkin bisa diposting..hehe

    BalasHapus
  9. Awal tahun kemarin mau ke Solo tapi tertunda. Pas banget ini banyak rekome dasi wisata di Solo yang masuk daftar tujuan nanti saat ke Solo

    BalasHapus