header-pojok-alfiana

Wisata Umbul Terbaru di Klaten, Airnya Alami Bening dan Segar

wisata umbul terbaru di klaten
Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CZg6uU0ldiW/

Halo, Teman Perjalananku!

Siapa yang kalau weekend pengennya cari tempat untuk healing? Sini-sini merapat 😊

Setelah padat aktivitas di hari kerja, berbagai tempat wisata pasti akan ramai dikunjungi saat weekend. Kadang bingung cari tempat wisata terbaru tapi yang bikin adem pikiran. Nah, Kabupaten Klaten Jawa Tengah punya banyak tempat wisata air alami yang bening, dijamin bikin segar.

Klaten sejak dulu memang terkenal akan wisata airnya, Dear. Ada banyak sumber air alami dari tanah atau ‘tuk’ di Kabupaten Bersinar ini. Sumber air atau ‘tuk’ itu tadi akan membentuk kolam alami yang biasa disebut umbul. Saat ini, banyak umbul terbaru di Klaten yang bisa kamu kunjungi, Dear.

Sejalan dengan program pemerintah, BUMDES, saat ini, desa-desa di Kabupaten Klaten Jawa Tengah terus berbenah. Sehingga banyak Umbul-Umbul yang terus diperbaiki sehingga terus menjadi destinasi wisata terbaru yang memberikan daya tarik wisatawan.

Sebagai Wong Klaten asli, aku ingin berbagi informasi destinasi  wisata terbaru di Klaten untuk menambah referensi jalan-jalanmu. Ini dia, Dear, lokasi-lokasi Umbul Terbaru di Klaten yang bisa kamu kunjungi saat wisata di Klaten, dijamin bakal bikin kamu segar dan fresh :

Umbul Ponggok

umbul ponggok klaten
Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CXDM-ZBvnw0/

Umbul Ponggok ini tempat wisata di Klaten yang viral. Sebelum dijadikan destinasi wisata utama oleh pemerintah Kabupaten Klaten, Umbul Ponggok memang sudah menjadi tempat mandi para warga lokal, termasuk aku, Dear hehe.

Sejak kecil sering banget berenang di Umbul Ponggok ini, dulu kala sih belum bayar ya, hehe. Kalau sekarang, tiket masuk sebesar Rp. 10.000 di hari biasa, sedangkan saat hari libur dan akhir pekan Rp sebesar 15.000. Masih tergolong murah untuk harga tiket wisata.

Umbul Ponggok ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Hanya sekitar 5 menit dari rumahku, Dear.

Selain airnya yang alami dan segar, di Umbul Ponggok, kamu bisa berfoto di dalam air. Ada banyak ikan di air. Selain itu, setelah dijadikan tempat wisata, saat ini para wisatawan juga bisa berfoto dengan berbagai benda dan icon di dasar air.

Meski kedalaman air cukup dalam untuk ukuran objek wisata, yaitu 1.5 m – 2.6 m, di Umbul Ponggok ada penyewaan pelampung dan tabung oksigen. 

Akun resmi instagram Umbul Ponggo @umbul_ponggok

Umbul Cokro

umbul cokro umbul ingan wisata terbaru di klaten

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/B88XnlipgGw/?img_index=1

https://www.instagram.com/p/CsG8XxOyHBj/


Selain Umbul Ponggok, wisata umbul di Klaten adalah Umbul Cokro. Air di umbul Cokro berasal dari ‘tuk’ di dekat sebuah pohon beringin besar. ‘Tuk’ ini sudah puluhan tahun, bahkan sejak aku belum lahir, Dear.

Di Umbul Cokro ada 3 kolam utama. Di bagian atas ada kolam waterboom dan kolam anak. Sementara di bawah ada Umbul Ingas. Umbul Ingas ini kolam aliran air yang cukup panjang yang berasa dari ‘tuk’ langsung. Airnya dingin, bening, dan sangat menyegarkan.

Umbul Cokro ini hanya 2 menit dari rumahku, Dear. Lokasi tepatnya ada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Tiket masuk Umbul Cokro sebesar Rp 10.000

Di Umbul Cokro, kamu juga bisa menikmati river tubing di sepanjang aliran sungai Kali Pusur. Untuk kamu yang menyukai tantangan, wajib mencoba wahana river tubing ini.

Karena airnya yang sangat alami, warga Desa Cokro menggunakan air ini untuk keperluan sehari-hari seperti untuk masak dan minum.

Umbul Siblarak

umbul siblarak klaten
Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/B1r69PNgNTo/

Di Polanharjo Klaten, ada umbul yang mulai viral akhir-akhir ini, yaitu Umbul Siblarak. Umbul terbaru di Klaten ini viral karena airnya yang bening dan suasana umbul yang alami berada di tengah persawahan.

Sudah airnya jernih dan alami, Umbul Siblarak mempunyai poin plus yaitu menggunakan konsep semi modern. Banyak spot foto menarik yang bisa kamu coba, Dear.

Kolam di Umbul Siblarak luas dan sangat instagrammable. Ahh, pokoknya bikin mau ke sana, Dear.

Biaya untuk masuk Umbul Siblarak adalah Rp 8.000/ orang. Dengan tambahan biaya parkir Rp 2.000/ sepeda motor dan Rp 8.000/mobil.

Di Umbul Siblarak kamu bisa memesan Indomie rebus pakai telor setengah matang. Bhhhh, dijamin bener-bener bisa jadi saran healing untukmu, Dear.

Belum banyak yang tahu lokasi Umbul Terbaru di Klaten Umbul Siblarak ini. Lokasi Umbul Siblarak ada di Dukuh Jatirejo, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Ini juga cuman 5 menit dari rumahku, Dear.

Kamu bisa kepoin Umbul Siblarak lewat instagram @wisata_siblarak  

Umbul Sigedang

umbul sigedang umbul terbaru di klaten
Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/B1r69PNgNTo/

Umbul terbaru di Klaten yang belum banyak orang mengetahui adalah Umbul Sigedang. Berlokasi di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo. Umbul Sigedang mempunyai magnet tersendiri.

Jernihnya air di Umbul Kapilaler ini ternyata juga mengadung mineral yang baik untuk tubuh. Tak heran perusahaan air mineral terbesar di Indonesia AQUA melalui PT Tirta Investama Aqua Klaten memiliki sumber mata air di dekat Umbul Sigedang ini.

Awalnya, Umbul Sigedang ini tidak menjadi tempat wisata, hanya digunakan untuk keperluan masyarakat sekitar. Saat ini, Umbul Sigedang menjadi Umbul Terbaru di Klaten. Wajib dicoba pokoonya, Dear!

Bahkan, artis papan atas Nadine Chandrawinata pernah mendatangi Umbul Sigedang ini, Dear. Dilihat dari unggahannya di Instagram, Nadine tampak menyunggingkan senyum sambil memegang pepehonon di Umbul Sigedang.
 
umbul sigedang klaten
Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/Bzhs0tCBi0o/?img_index=2

Menikmati kejernihan air Umbul Sigedang tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, hanya cukup membayar Rp 8.000 untuk hari Senin-Jumat serta Rp 10.000 untuk tiket hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Jam operasional Umbul Sigedang yaitu pukul 07.00 – 17.00 WIB

Akun sosial media Umbul Sigedang di instagram @umbul.sigedang  

Umbul Kapilaler

umbul kapilaler wisata terbaru di klaten 2023
Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/BPTpfjQD9A7/

Dulunya, Umbul Kapilaler ini hanya digunakan warga sekitar untuk keperluan sehar-hari. Saat ini, oleh pemerintah desa dijadikan objek wisata karena daya tarik umbul kapilaler sangat tinggi. Umbul Kapilaler ini lokasinya sangat berdekatan dengan Umbul Sigedang dan Umbul Cokro.

Air di Umbul Kapilaler ini juga air yang berasal dari ‘tuk’. Airnya bening, bersih, jernih, dan dingin. Tambahannya, air di Umbul Kapilaler ini mengandung banyak mineral. Meski sudah ada sejak lama, belum banyak orang tahu keberadaan Umbul Kapilaler ini, sehingga Umbul Kapilaler bisa dikatakan sebagai Umbul Terbaru di Klaten.

Lokasi Umbul Kapilaler ada di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul Sigedang tidak terlalu besar seperti Umbul Ponggok dan Cokro, tapi justru ini poin plusnya. Kamu bisa menikmati alam secara private.

Saat ini akses wisata di Umbul Kapilaler sebesar Rp 8.000 untuk hari Senin-Jumat, sedangkan untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional sebesar Rp 10.000. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Akun instagram Umbul Kapilaler

Umbul Besuki

umbul besuki
Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CvQ6oFTvxH-/?img_index=1

Kalau ke Umbul Ponggok, jangan lupa mampir juga di Umbul Besuki. Jarak Umbul Ponggok ke Umbul Besuki hanya sekitar 500 meter.

Umbul Besuki ini termasuk Umbul Baru di Klaten, Dear. Pasalnya belum banyak juga masyarakat umum yan mengetahui keberadaan hidden gem ini.

Pesona alami air bening dan jernih dari Umbul Besuki ini membuat Umbul Besuki mulai ramai didatangi wisatawan. Renovasi Umbul Besuki dimulai sejak tahun 2018. Sebelumnya, Umbul Besuki hanya kolam kecil dari ‘tuk’.

Umbul Besuki ada di Desa Kiringan, Kecamatan Polanharjo, Kabulaten Klaten. Suasana Umbul Besuki masih sangat asri, ada di dalam pedesaan dan pinggir sawah.

Jika ke Umbul Besuki, aku selalu memesan nasi pecel telur dadak dan teh panas, Dear. Menu tersebut adalah perpaduan sempurna sambil memandangi air jernih dari Umbul Besuki.

Ada tiga kolam di Umbul Besuki. Satu kolam besar untuk dewasa dengan kedalaman 1-2 meter, kolam ini adalah kolam asli dari ‘tuk’. Lalu ada dua kolam yang aliran airnya juga menyambung dari ‘tuk’, dua kolam ini dapat digunakan oleh ana-anak.

Akun instagram terbaru di Klaten ini adalah @umbul_besuki_official  

Umbul Nilo

umbul nilo wisata klaten
Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/CY55Yh5MJvL/

Umbul terbaru di Klaten lainnya adalah Umbul Nilo. Air di Umbul Nilo juga berasal dari ‘tuk’. Sebelum dikelola menjadi objek wisata secara profesional, Umbul Nilo dari dulu memang sering digunakan untuk keperluan sehari-hari oleh masyarakat sekitar, seperti mandi maupun mencuci pakaian, karpet bahkan kendaraan.

Belum lama ini, Umbul Nilo diperluas dengan penambahan kolam-kolam. Yang sebelumnya hanya ada satu kolam utama dengan kedalaman 1-2 meter, saat ini sudah ada kolam untuk anak-anak.

Kolam anak juga berasal dari sumber utama, yaitu dari ‘tuk’. Karena dari sumber alami, air di Umbul Nilo bening, segar, dan dingin.

Di Umbul Nilo, kamu hanya cukup membayar Rp 5.000, biaya tiket masuk plus parkir. Murah banget, kan? Kalau di Umbul Nilo jangan lupa untuk membeli jajanan gorengan dan cilok yang berada di pinggir-pinggir kolam.

umbul nilo wisata terbaru di klaten

Sumber gambar :

https://www.instagram.com/p/CtqOUERypbj/

https://www.instagram.com/p/CYm6nGThqkN/


Lokasi Umbul Nilo ada di pinggiran deretan persawaha, tepatnya di Dusun Margosuka, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Ini juga cuman 5 menit dari rumahku, Dear.

Akun instagram Umbul Nilo @umbulniloofficial  

Umbul Manten

umbul manten wisata umbul terbaru di klaten

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/BvL-1jmA6wv/

https://www.instagram.com/p/BUDAH5-DWp7/


Umbul Manten ini adalah Umbul Terbaru di Klaten yang langsung viral di media sosial akhir-akhir ini. Kejernihan air dan rindangnya dua pohon beringin yang berada di umbul menjadi ciri khas Umbul Manten ini.

Konon, jika ada yang berenang di Umbul Manten akan mudah mendapatkan jodoh. Nama Umbul Manten ini diambil dari kata Manten (bhs jawa) yang dalam bahasa Indonesia adalah menjadi pengantin. Namun, ini hanya cerita mitos saja, hehe.

Di samping Umbul Manten ini adalah area persawahan sehingga terasa sejuk dan alami. Saat foto di dalam air juga bisa terlihat jelas karena airnya yang sangat bening. Karena keindahan bawah airnya, Umbul Manten kerap dijadikan spot untuk foto prawedding, Dear.

Tiket Umbul Terbaru di Klaten, Umbul Manten ini yaitu sebesar Rp 6.000/orang. Lokasi Umbul Manten berderetan dengan Umbul Pelem yaitu di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo. Kedua umbul ini berasal dari ‘tuk’ alami.

Akun instagram Umbul Manten @umbulmanten

Umbul Pelem

wisata terbaru di klaten umbul pelem
Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/BPTpfjQD9A7/

Umbul Pelem adalah Umbul Terbaru di Klaten yang saat ini sedang naik daun. Berada di samping Umbul Manten. Dulunya, Umbul Pelem ini hanya kolam kotak yang kecil tempat menampung air dari ‘tuk’. Ada pohon pelem (ind: pohon mangga) besar yang berada di sekitar ‘tuk’.

Belum lama ini, Umbul Pelem disulap menjadi Umbul Terbaru di Klaten dengan adanya kolam besar yang dapat digunakan anak-anak. Lebar kolam sekitar 20 meter dan kedalaman 1-2 meter. Ada juga kolam anak-anak hanya 50 cm yang berada di sisi-sisi kolam utama.

Lokasi Umbul Pelem ada di Jl Tegalgondo-Janti, Dukuh, Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten.

Untuk menikmati Umbul Pelem hanya cukup membayar Rp 8.000 hari Senin-Jumat serta Rp 10.000 untuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional. Jam operasional Umbul Pelem pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Di sekitar Umbul Pelem juga banyak para pedangan berjualan. Karena sedang viral, jangan heran Umbul Pelem saat weekend sangat ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati dinginnya air alami. Akses jalan menuju Umpul Pelem juga sesak oleh kendaraan terutama saat weekend.

Akun instagram @umbulpelem  

Mau Mencoba yang Mana?

Kabupaten Klaten menyuguhkan sajian kejernihan air melalui Umbul dari air alami. Selaras dengan program penguatan destinasi wisata, banyak bermunculan Umbul Terbaru di Klaten. Banyaknya destinasi Umbul Terbaru di Klaten memberikan banyak alternatif tempat wisata untukmu, Dear.

Jadi, kamu mau mencoba yang mana, Dear?

Kutemani kamu untuk melalakukan perjalanan keliling Umbul Terbaru di Klaten, yaa…!! :)

Teman Perjalananmu,

Alfiana 😊

11 komentar

  1. Aku udah ke umbul ponggok, cokro dan manten. Waaah ternyata masih banyak yg belum kudatangiii. Bs rekomendasikan artikel ini buat ngajak temaaan. Bagus kak!

    BalasHapus
  2. Baru tau klaten surga wisata air yg jernih seperti ini. Aku belim pernah sama dekali main ke sana,jadi mupeng liatnya

    BalasHapus
  3. Umbul manten koq tdk ada, yg lokasinya wetan umbul pelem. Padahal alamnya cakep

    BalasHapus
  4. Saya belum pernah sama sekali ke sana. Bisa jadi referensi untuk eosata di akhir minggu bareng keluarga. Harga tiker masuk juga sangat terjangkau.

    BalasHapus
  5. Wah mantap sekali wisata umbulnya kelihatan menyegarkan mbak masyaAllah jadi pengen kesana :D

    BalasHapus
  6. Wahhhh sekeren ini ya wisata di Klaten.. gak bisa ini, harus banget dikunjungi ini kak...hehe

    BalasHapus
  7. Jadi pengen mlipir ke klaten mbak

    BalasHapus
  8. Wah, jadi pingin nih main-main ke klaten ..

    BalasHapus
  9. wah...Klaten banyak wisata umbul. Bisa dijadikan referensi travelling nih..

    BalasHapus
  10. Udah lama pengen ke sana. Semoga bisa terlaksana. Terima kasih mba Alfi

    BalasHapus
  11. Masya Allah lengkap sekali ini referensi umbulnya. pernah ke Klaten cuman numpang sholat di masjid yang besar itu aja..masukin wish list ah..

    BalasHapus