header-pojok-alfiana

Bakso Titoti Sentul, Rekomendasi Makanan di Bogor, Porsinya Ngenyangin!

Bakso Titoti "Wonogiri" di Sentul Bogor
Bakso Titoti "Wonogiri" di Sentul Bogor
Halo, Teman Perjalananku!

Perjalanan kali ini membawaku ke kota hujan, Bogor. Sekitar 5 hari ini, aku sedang ada pekerjaan yang harus diselesaikan di Bogor. Nggak afdol rasanya kalau berkunjung ke suatu daerah nggak mencicipi kuliner enak di tempat tersebut, kan, Dear.

Sekitar 5 bulan lalu sebenaarnya juga ke Bogor, tapi karena jadwal kegiatan sangat padat jadi nggak sempat mampir ke mana-mana. Makanya di perjalanan kali ini, nggak mau melewatkan momen "jajan-jajan" meski aslinya jadwal pekerjaan juga padat. So, here my Journey berburuuu jajan di Bogor :)

Behind Story ke Bakso Titoti Sentul

Cerita kenapa akhirnya ke Bakso Titoti Sentul tidak disengaja. Karena memang ada keinginan untuk kulineran di sini, pagi hari saat naik GoCar menuju venue kegiatan, ngobrolah aku dan teman-teman dengan Pak Driver. Kami bertanya, rekomendasi makanan yang enak di daerah sini apa? Ohya, aku tepatnya lagi di kawasan Sentul, Bogor.

Pak Driver GoCar langsung menjawab seperti ini, "Kalau di sini yang enak Bakso Titoti, Mbak."

Berbekal dari saran Pak Driver, sore hari sepulang dari kegiatan kami lamgsung menuju Bakso Titoti yang dimaksud Pak Driver. Gak pake lama, bahkan tanpa meliha review, aku dan teman-teman langsung memutuskan untuk makan di sana. Yaa karena udah keburu capek, lapar, dan habis turun hujan jadi suasan pas banget. Udah kebayang makan yang anget-anget, segeerrr bangett. 

Akses dan Lokasi Bakso Titoti Sentul

Kami menuju Bakso Titoti Sentul dengan memesan GoCar. Perjalanan cukup dekat sekitar 10 menit dari venue acara dan juga dekat dari tempat aku menginap, Dear.  Dari Bundaran Tugu Pancakarsa Monument juga sangat dekat, hanya sekitar 5 menit. Akses kendaraan umum juga mudah didapatkan. Jadi menurutku, lokasi Bakso Titoti Sentul ini cukup strategis.

Lokasi Bakso Titoti Sentul ada di Jl. Raya Sirkuit Sentul No.36, Sentul, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Teman-teman bisa akses melalui google Maps dengan titik "Bakso Titoti Wonogiri"
Di Bogor sendiri ada beberapa warung Bakso Titoti, kalau di Sentul pastikan alamatnya yang di Jalan Raya Sirkuit Sentul, ya, Dear. Aku dan teman-teman awalnya juga bingung, Bakso Titoti yang mana karena ada beberapa titik yang muncul di maps.

Menurut cerita salah satu karyawan, Bakso Titoti sendiri berdiri awal di Kalibata. Ada beberapa cabang di Wonogiri, Jawa Tengah dan Bogor. Untuk yang cabang Wonogiri aku sudah pernah makan di sana juga, tempatnya lebih luass.

Suasana Warung Bakso Titoti Sentul

Warung Bakso Titoti Sentul dari depan
Warung Bakso Titoti Sentul dari depan
Tidak lama kemudian, kami sampai di Warung Bakso Titoti Sentul. Lokasinya ada di pinggir jalan. Karena aku naik Gocar maka tidak perlu parkir. Untuk tempat parkirnya sebetulnya kurang luas jika dibandingkan dengan jumlah pengunjung apalagi ada di pinggir jalan yang ramai. Jadi, kalau teman-teman membawa mobil sendiri, pastikan bisa parkirnya yaa.

Pas masuk warung, langsung disambut dengan aroma khas kuah bakso yang kaya bawang. Aku langsung terhipnotis dengan adegan pak bakso yang sedang menuang kuah di mangkok bakso. Aku minta izin untuk mengambil gambar. Baru juga datang, udah gak sabar pengen segera menyeruput kuah bakso yang segar.
Pegawai sedang menuang kuah bakso di Warung Bakso Titoti Sentul
Pegawai sedang menuang kuah bakso di Warung Bakso Titoti Sentul
Di warung Bakso Titoti Sentul terdapat dua lantai yang bisa digunakan. Lantai  1 menggunakan kursi dan lantai 2 lesehan. Tempatnya luas hanya untuk kebersihan perlu

Daftar Menu Bakso Titoti Sentul

Daftar menu di Bakso Titoti Sentul cukup lengkap. Ada bakso, mie ayamn, mie so, bahkan ada menu ayam goreng, Dear. Berikut daftar menu di Bakso Titoti Sentul. Aku sendiri pesan bakso spesial dan teh panas.
Daftar Menu Bakso Titoti Sentul
Daftar Menu Bakso Titoti Sentul

Rasa Bakso Titoti Sentul

Aku memesan menu Bakso Spesial. Harganya lumayan sih 35.000, tapi pas datang... wawwww.. masyaAllah, langsung ngilerrr... Satu mangkok penuh. Isi Bakso Spesial lengkap, ada Bakso Jumbo berisi satu telur ayam utuh, satu bakso besar urat, 1 tahu, 1 bakso urat kecil, 1 bakso halus, bihun putih, mie telur kuning, dan ini nih yang bikin spesial lain dari bakso yang lainnya, yaitu ada kikil. Dan kikilnya tuh bersih putih.
Bakso Titoti Sentul
Bakso Spesial di Warung Bakso Titoti Sentul
Pertama kali menyeruputtt kuahnya, panas-panas anget gitu, behhhh, syegerrr, kuahnya mantap, bumbu bawangnya kerasa dan gak terlalu rasa micin. Ada rasa gurihnya. Untuk kuahnya ada geprekan-geprekan bawang tapi gak terlalu kasar, jadi bisa ikut diseruput juga.. Syedepp suegerrr deh.

Bakso uratnya juga yang tidak terlalu kasar, masih bisa dikunyah dan gak bikin selilitan hehe. Untuk bakso halusnya tekstur kenyalnya cenderung empuk dan lembut. 

Untuk bihun menggunakan bihun pada umumnya dan mie kuning telur biasa. Untuk tahunya adalah tahu putih bukan tahu kempong. Ada taburan bawang gorengnya juga, meskipun kalau aku pengennya lebih banyak lagi, jadi biar makin syedeppp. 

Temanku ada yang memesan Mie Ayam Bakso. Aku mencicip sedikit. Karena Bakso Titoti ini asalnya dari Wonogiri, maka rasa kuah mie ayamnya khas mie ayam wonogiri-an yaitu cenderung manis. Untuk tekstur mienya cukup tapi agak terlalu besar-besar mie-nya jika dibandingkan dengan mie yang di mie ayam wonogiri. Bakso dan kuahnya dipisah di mangkok tersendiri.
mie-ayam-bakso-titoti-sentul
Mie Ayam Bakso di warung Bakso Titoti Sentul

Masuk di "Rekomendasi Alfiana's Journey" nggak, ya?

Kalau ditanya ini rekomend atau enggak, aku jawab REKOMEND!! 
Alasan utamanya, tentu soal rasa. Rasa kuahnya manteppp rasa bawangnya dan nggak terlalu rasa micin banget. Terus, yang bikin puas adalah bisa nambah kuah sepuasanya. Kedua, porsi makan. Satu porsi bakso (aku Bakso Spesial) itu ngenyangin banget. Hahaha. Terus ditambah sambal dan kecap, plus minumnya teh panas bbeehhhh syegerrrr, Dear!!

Kalau teman-teman lagi ada di daerah Sentul, Bogor, Bakso Titoti Sentul ini bisa menjadi pilihan kulineran yang wajib dicoba. Meski ada beberapa hal yang perlu diperbaiki lagi seperti kebersihan dan akses parkir yang kurang luas, tapi so far aku sendiri merasa puas makan di Bakso Titoti Wonogiri Sentul Bogor ini. 

Alfiana,
Teman Perjalananu :)


26 komentar

  1. Bakso Titoti emang seenak itu sih. Pantes di Bogor juga ada cabangnya. Jadi inget pertama kali tau ini bakso karena temen kuliah yang asli Solo bilang bakso terenak ya Titoti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya kak, di wonogiri ada juga kak, juga segerrr

      Hapus
  2. Kalau ke bogor wajib cobain nih :D semoga ada kesempatan mampir. Berhubung warga malang kadang kalau diluar kota nggak kepikiran makan bakso hihu

    BalasHapus
  3. Ini bakso favoritku tapi yg cabang depok. Lebih dekat dengan rumah. Aku yang di perantauan jadi kangen ngebakso titoti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di depok jg ada ya kak? katanya sih resep nya sama kak

      Hapus
  4. Saya belum pernah nyobain bakso Tiroti. Mudah-mudahan bila ada kesempatan ke Bogor bisa mampir kesana.

    BalasHapus
  5. Wah banyak yang rekomendasiin bakso ini, tapi belum sempat coba. Mesti dicoba nih kayaknya enak banget seger

    BalasHapus
  6. sudah lama tidak makan bakso lagi. harga bakso dimesir lumayan mahal. sekitar 45 ribu satu porsi heheh. tp karna lihat postingannya mba kayaknya nanti sore harus mampir nih ngebakso

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhhh 45rb lumayan yaa kak hehe.. rasa segernya sama nggak ya kka dg bakso di indonesia?

      Hapus
  7. Mantap, saya sbg pecinta bakso ngiler pingin nyobain.
    Sepertinya daging banget dan kuahnya kelihatan mantul..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bakso nya menul-menul kak, kuahnya nyussss kerasa bgt bawangnya

      Hapus
  8. Ngiler nih. Aq yang tiap kali ke luar bali. Mesti nyobain bakso hahaha

    BalasHapus
  9. inget bakso, inget bapaku yg selalu suka kuliner bakso, masyallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaAllah kak.. aku juga lohhh, bapakku jg makanan kesukaanya bakso

      Hapus
  10. Jadi ngiler pingin nyoba.. kalau ke ciseeng pernah lihat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciseng itu arah mana ka Juwita? ngilerr bgt memang kak

      Hapus
  11. Bakso titoti ternyata banyak ya bun? disini juga recomended bakso titotinyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. di mana kak? aku yg sudah pernah di wonogiri dan bogor

      Hapus
  12. duh, bikin ngiler berkuah-kuah mbak

    BalasHapus
  13. Enakkk banget seger kalo ke Bogor wajib coba menu ini.

    BalasHapus