header-pojok-alfiana

Yuk Intip Rekomendasi Buku Anak 1 tahun

Halo, Teman Perjalananku

Kegiatan Read Aloud atau membacakan buku secara nyaring dengan anak terbukti manfaatnya. Ada manfaat neurologis dimana sistem neuron dalam otak anak akan terstimulasi dengan baik sehingga sinapsis otak akan bekerja dengan sangat baik. 

Bonusnya, dengan membacakan buku secara nyaring akan meningkatkan bonding antara orang dewasa yang membacakan dengan anak. 

Hal ini sangat baik untuk perkembangan psikis anak. Anak akan merasa adanya ikatan yang menyenangkan secara emosi dengan orang tua. Terlebih jika kita lakukan sejak dini. Karena prinsip dari membacakan nyaring adalah semakin awal semakin baik. 

Tapi, kadang bingung, buku apa yang cocok untuk anak bayi? Anak bayi emang sudah bisa mencerna buku bacaan? Jawabannya sudah bisa, Dear. Indra pendengar bayi itu sudah berfungsi bahkan sejak dalam kandungan. Sehingga, dari kandungan pun sebenarnya sudah bisa untuk kita ajak membaca nyaring. Bayi akan sensitif dengan suara kita.

Eman ah, ngasih buku untuk bayi bakal sobek dan rusak!!

Wahh, tenang, Dear. Yukk, kita kenalan sama buku board book. Board book adalah jenis buku dengan material tebal (kurang lebih 5-7 mm) dan cukup keras tapi masih aman untuk anak-anak. Jadi anti basah, anti letoy, anti sobek, anti badaii lahh. Dan yang jelas bikin Bunda-Bunda semua tenang memberikan buku untuk anak. Gak bakal dikunyah, Bun! 

Kebetulan banget, beberapa waktu yang lalu aku baru saja beli buku untuk anak 0-3 tahun yang boardbook tapi harganya murceeee banget. Aku spill rekomendasi buku anak 1 tahun, yahh, Dear

Rekomendasi Buku Anak 1 tahun - Tema yang tepat

Aku Cinta Allah - Seri Tauhid Pertamaku

Salah satu materi atau ilmu yang wajib disampaikan ke anak adalah mengenai Tauhid. Ilmu Tauhid ini adalah pondasi awal anak. Sebelum mengenal hal-hal lainnya, perlu dikenalkan mengenai keberadaan Tuhan Yang Esa, Allah Swt. 

Ilmu tauhid akan memberikan informasi bahwa Tuhan itu satu. Tuhan yang menciptakan manusia. Segala sesuatu muasalnya dari Tuhan. Segala sesuatu juga kembali lagi pada Tuhan.

Ketika pondasi Tauhid kokoh, tidak masalah jika nantinya anak akan belajar hal-hal lainnya. Kita sebagai orang tua juga menjadi lebih tenang. Karena anak paham, bahwa

"Semua dari Allah dan kembali lagi ke Allah."

Anak yang tauhidnya kuat, ia akan jauh dari kebingungan. Ia akan memahami dari mana ia berasal dan akan kembali ke mana nantinya. Agaknya terlalu jauh ya mengajari anak hal seperti itu. Tidak kok sebenarnya. Memang yang tepat seperti itu. Sehingga, memang tepat dan harus : ilmu tauhid diajarkan sejak masih bayi.

Nah, buku yang kemarin aku beli dan cocok sekali sebagai bahan bacaan bayi 0-3 tahun adalah Board Book Aku Cinta Allah Seri Tauhid Pertamaku. 

Board book rekomendasi untuk anak usia 0-3 tahun
Board book rekomendasi untuk anak usia 0-3 tahun
Penulis : Ustadz Abu Ady (Mahasiswa King Saud University, Riyadh)
Ilustrator : Larasputri
Penerbit : Tasmeem Kids

Boardbook ini berisi paket buku yang terdiri dari 5 buku :
  1. Allah Penciptaku
  2. Aku Hidup Atas Izin Allah
  3. Nikmat Allah Untukku
  4. Aku Bersyukur
  5. Aku Butuh Allah

Dalam satu halaman buku, hanya berisi satu kalimat tunggal. Dalam satu kalimat terdiri dari 5-8 kata. Per halaman buku dilengkapi ilustrasi yang menjelaskan isi bacaan, ilustasi dibuat ramah dengan anak. Ilustasinya khas (tidak ada gambar indra penglihatan). Bagi sebagian orang hal ini juga menjadi pertimbangan, Dear. 

Sebagai orang yang saat ini juga berkutat di dunia penerbitan dan percetakan buku, aku bisa bilang spesifikasi Boardbook ini premium banget, Dear. 
Ini nih list-list spesifikasi buku :
  • Jumlah : isi 5 buku/set
  • Ukuran 10 cm x 10 cm
  • 8 halaman/buku (40 hal/set)
  • Berat 0.8 kg/set
  • Grayboard Tebal 1.200 gsm lapis art paper dan laminating glossy
  • Bahan cover dan isi : Grayboard tebal, 1.000 gsm dilapisi duplek one coated 250 gsm dan laminating glossy
  • Bahan box : Grayboard 1.200 gsm lapis art paper dan laminasi glossy

Spesialnya, buku ini sudah divalidasi atau dimurojaah langsung oleh Al Ustadz Ahmad Daniel Lc. MA, alumnus dari Universitas Islam Madinah. Jadi, sebagai pembeli dan pengguna, aku merasa tenang karena insyaAllah konten dalam buku bisa dipastikan kebenerannya. 

Memangnya isi bukunya apa aja? Boleh deh, aku spill lagi satu per satu dari setiap judu buku, ya, Dear

Preview Buku Anak 1 tahun - Allah Penciptaku

Preview Buku Allah Penciptaku
Preview Buku "Allah Penciptaku"
Buku yang pertama berjudul "Allah Penciptaku"
Buku ini bercerita mengenai penciptaan manusia. Siapa sih yang menciptakan manusia. Dari mana manusia berasal. Apakah ayah dan ibu menciptakan diriku? 
Dari buku ini kita mengenalkan makna bahwa Allah Sang Maha Menciptaku.

Preview Buku Anak 1 tahun - Nikmat Allah Untukku

Preview Buku "Nikmat Allah Untukku"
Preview Buku "Nikmat Allah Untukku"

Buku yang kedua berjudul "Nikmat Allah Untukku"
Dalam buku ini, dijelaskan hal-hal apa saja yang didapatkan manusia selama hidupnya. Kejadian-kejadian yang dicontohkan bersifat sederhana, hal-hal yang memang dialami anak-anak secara riil di kehidupannya. 
Ini salah satu cuplikan isi buku, 
Nikmat Allah untukku sangat banyak, aku tidak akan mampu menghitungnya. Apa sajakah nikmat yang paling penting dalam hidupku?

Preview Buku Anak 1 tahun - Aku Hidup Atas Izin Allah

Preview Buku "Aku Hidup Atas Izin Allah"
Preview Buku "Aku Hidup Atas Izin Allah"

Buku yang ketiga berjudul "Aku Hidup Atas Izin Allah"
Buku ini bercerita tahapan-tahapan kehidupan manusia. Mulai dari tahap ibu mengandung, proses USG (gambaran janin di dalam perut ibu), saat kelahiran, tahapan motorik anak (duduk, merangkak, berjalan, berlari). 
Di buku ini, anak akan memahani bahwa seorang manusia bisa tumbuh besar dan sehat hanya karena izin Allah. Itu semua karena Allah yang menjaga dan merawat. Dalam buku ini asma Allah yang diagungkan adalah Allah Maha Pemelihara.
Buku ini sangat cocok dijadikan bahan diskusi dengan anak. Kalimat "atas izin Allah" dari dalam buku bisa diulang-ulang saat proses read aloud, sehingga anak akan mengingat kalimat tersebut. Ponakanku, saat setelah dibacakan buku ini, kalimat yang ia ingat adalah "atas izin Allah"
Dari buku ini, Ustadz Abu Ady memberikan quote : 
"Anak yang mencintai Allah pasti juga mencintai kedua orang tuanya, anak yang mencintai orang tua tentu akan berbakti kepadanya." 

Preview Buku Anak 1 tahun - Aku Bersyukur

Buku aku bersyukur
Preview Buku "Aku Bersyukur"

Buku yang keempat berjudul "Aku Bersyukur"
Dalam buku ini dijelaskan bagaimana cara seseorang bersyukur. Landasan konten buku ini adalah QS Ibrahim ayat 7,
(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras."

Preview Buku Anak 1 tahun - Aku Butuh Allah

Preview Buku "Aku Butuh Allah"
Preview Buku "Aku Butuh Allah"
Buku yang kelima berjudul "Aku Butuh Allah"
Dalam buku ini diceritakan kejadian-kejadian yang mungkin akan dialami manusia selama hidupnya. Tidak hanya kejadian secara fisik tapi juga keadaan emosianal seperti senang dan sedih. 
Sehingga, anak akan memahami bahwa semua yang dialami, semua yang terjadi dalam hidupnya memang dari Allah dan ia tidak akan bisa lepas untuk mengharap pertolongan dari Allah. Asma Allah yang diagungkan dari buku ini bahwa Allah Maha Penolong.

Itu tadi spill atau preview kelima buku dalam set Seri Tauhid Pertamaku. Untuk harga satu set termasuk murceee banget, hanya Rp 79.000 (untuk lima buku), kalau satu buku hanya Rp 15.800. Untuk investasi bahan bacaan anak dengan harga segitu tuhh insyaAllah ramah di kantong, Pembelian buku rekomendasi untuk anak 1 tahun dapat dilakukan di reseller atau langsung melaui website penerbit.

Sebagai penutup artikel ini, aku punya quote untukmu, Dear.

"Generasi dengan tauhid kuat tidak hadir instant, ia dibentuk dari tangan lembut dan keluasan hati orang tua yang peduli dengan anak-anaknya." 

Teman Perjalananmu,

Alfiana :)

8 komentar

  1. Wah ini review menarik dan bermanfaat untuk emak-emak beranak toddler macam saya kak. Btw aku tuh nggak sabaran buat read aloud ke anak. Terlebih anakku tipe aktif, meleng dikit sosoknya dah pindah jauh. Kira-kira biar read aloudnya efektif gimana ya kak caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh umur berapa kak anaknya? read aloud itu nggak harus habis satu buku kak, yg penting ketika read aloud itu ada interaksi dan diskusi

      Hapus
  2. Rekomendasi yang lengkap. .. harganya juga sangat terjangkau. Makasih ya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kakak, betull ini versi murceee tp dpt lengkap bukunya

      Hapus
  3. Kalimat penutupnya jleb banget dan iya sih memang benar. Jadi makin semangat mengenalkan tauhid sejak dalam kandungan, lanjut saat bayi hingga baligh

    BalasHapus