header-pojok-alfiana

The Village Purwokerto, Wisata Edukasi Bernuansa Eropa di Banyumas

the-viilage-purwokerto
Halo, Teman Perjalananku!

Salah satu kota di Jawa Tengah yang membuat hatiku nyaman adalah Purwokerto. Kotanya tidak terlalu besar dan hawanya cukup sejuk. Meskipun suasana kota di Purwokerto tidak terlalu ramai tetapi sudah sangat lengkap dengan berbagai macam fasilitas sebagai kota tempat tinggal. Ditambah lagi, di Purwokerto banyak terdapat perguruan tinggi.

Ngomongin Purwokerto, yang terlintas pasti tempe mendoan. Ya, tempe mendoan menjadi makanan khas dari kota Jendral Soedirman ini. Selain tempe mendoan, Purwokerto juga identik dengan wisata Baturaden yang sangat fenomenal.

Aku cukup sering pergi ke Purwokerto, Dear. Jadi untuk pergi wisata ke Baturaden itu sudah beberapa kali. Suatu hari, pengen sekali main ke tempat wisata bersama teman, tapi selain ke Baturraden. Aku dan temanku, saling memberi list-list tempat wisata yang bisa dikunjungi. Akhirnya pilihan jatuh ke The Village Purwokerto.

Kami tidak terlalu berekspektasi tinggi saat memutuskan tempat tersebut. Bayanganku, ohh ini tempat foto-foto aja. Hehe. Tapi, setelah masuk ke The Village Purwokerto, ternyata aku memasang ekspektasi yang terlalu rendah, Dear. The Village Purwokerto lebih dari sekadar tempat foto-foto.

Recreation Meets Education The Village Purwokerto

Membaca dari website resmi www.thevillagepurwokerto.my.id konsep yang diusung dari The Village Purwokerto adalah Recreation Meets Education. Tempat wisata ini dikonsep memadukan rekreasi dengan edukasi.

Hal ini sangat jelas aku rasakan, di mana banyak spot-spot yang memang itu untuk rekreasi, tetapi tanpa meninggalkan nilai-nilai edukasi yang ingin disampaikan. Pengunjung tetap nyaman untuk merehatkan pikiran tapi sekaligus bisa menambah nilai informasi dan edukasi di The Village Purwokerto ini.

Sehingga, tempat ini cocok sekali jika dijadikan destinasi wisata keluarga, khususnya jika bersama anak-anak. Sekali mendayung, 2-3 pulau terlampaui. Ngajak anak main, sekaligus ada pembelajaran.

Daya Tarik Unik The Village Purwokerto

nuansa-bangunan-eropa-the-viilage-purwokerto
Sumber : pinhome.id
Uniknya, di The Village Purwokerto ini dikonsep dengan bangunan gaya Eropa, yaitu dengan banguanan dari batu bata. Aku dan temanku, tentu saja tidak ingin ketinggalan momen. Jadi, kita foto-foto dengan latar belakang bangunan ala Eropa.

Aku sendiri paling suka saat foto bersama burung. Meskipun terkesan anak-anak banget, tapi seruu banget, Dear, hehe. Bahkan saking sukanya aku dengan foto bersama burung, aku jadikan Header di blog ini.

Behind Story The Village Purwokerto

The Village Purwokerto memang belum selegendaris Baturaden. Selain karena Baturaden adalah wisata alam alamiah, sehingga tidak bisa apple-to-apple jika dibandingkan.

The Village Purwokerto ini sebetulnya wisata buatan. Diresmikan tanggal 7 Februari 2018 dan dibuka untuk umum tanggal 9 Februari 2018 oleh Gubernur Jawa Tengah, Pak Ganjar Pranowo. Konsepnya adalah menghadirkan taman rekreasi untuk publik dengan luas 2.5 hektar.

Nilai Utama The Village Purwokerto

The Village Purwokerto menawarkan kesempatan bertamasya dengan menghadirkan pengalaman baru dan berkelanjutan untuk masyarakat. Mengusung perpaduan konsep Nusantara dan Eropa.

Mewujudkan konsep utamanya “Recreation Meets Education”, The Village Purwokerto mempunyai 4 nilai utama dalam wahananya (www.thevillagepurwokerto.my.id)

Nilai Seni

Menawarkan obyek seni visual dengan paduan arsitektur Barat dan Nusantara, alam, & mural

Nilai Pendidikan

Menyajikan wahana sebagai sarana pendidikan dengan berbagai pilihan atraktif

Nilai Budaya

Menawarkan kearifan budaya berkumpul bagi masyarakat bersama orang yang disayangi

Nilai Hiburan

Keseluruhan elemen dan wahana dirancang sebagai tempat plesiran bagi pengunjung

Menurutku, The Village Purwokerto ini benar-benar terkonsep. Bahkan, membreakdown konsepnya dengan nilai-nilai yang nantinya akan terintegrasikan pada setiap wahananya.

Wahana – Wahana The Village Purwokerto

Di The Village Purwokerto ada banyak pilihan wahana yang semuanya dapat dinikmati secara terintegrasi. Ada Wahana Transportasi, Wahana Adrenaline, Wahana Satwa, Wahana Air dan Wahana Indoor.
wahana-transportasi-the-viilage-purwokerto
Sumber : https://thevillagepurwokerto.my.id/

wahana-satwa-the-viilage-purwokerto
Sumber : https://thevillagepurwokerto.my.id/

wahana-adrenalin-the-viilage-purwokerto
Sumber : https://thevillagepurwokerto.my.id/

wanaha-air-the-viilage-purwokerto
Sumber : https://thevillagepurwokerto.my.id/

wahana-indoor-the-viilage-purwokerto
Sumber : https://thevillagepurwokerto.my.id/

Fasilitas Penunjang The Village Purwokerto

Parkir Luas

Kesan pertama yang aku dapatkan saat datang adalah area parkir yang luas. Apalagi kemarin aku datang di saat weekdays, jadi tidak terlalu ramai. Pernah saat weekend lewat, meskipun ramai pengunjung, area parkir tetap bisa menampung banyaknya kendaraan.

Dan poin plusnya, petugas satpamnya ramah. Petugas akan mengarahkan kendaraan parkir di mana dengan baik.

Musola yang Memadai

Kemarin, pas sampai di The Village Purwokerto itu saat waktu solat Dzuhur. Kami langsung mencari tempat solat, ternyata ada di sebelah kiri The Village. Menurutku, untuk tempat rekreasi seperti ini, keadaan musolanya cukup memadai dan bersih. Meskipun, untuk tempat wudhu wanita maish kurang  hehe. Jadi, kemarin aku wudhu di kamar mandi demi menjaga aurat.

Tempat Makan

tempat-kuliner-the-viilage-purwokerto
Sumber : https://thevillagepurwokerto.my.id/

Di The Village Purwokerto, ada Kebon Ijo dan mini kantin untuk kita makan. Sayangnya, kemarin aku dan temanku memutuskan untuk tidak memesan makanan, karena kami berencana untuk makan Baksi Pekih sepulang dari The Village.

Kemarin hanya membeli minuman saja. Namun, aku memperhatikan pengunjung lain, nampak nikmat menikmati makanan ringan seperti gorengan ataupun menyeruput kuah bakso, nampak segar.

Reservasi Online

Zaman sekarang, semua serba online, termasuk dalam hal pemesanan tiket. Di The Village Purwokerto, Teman Perjakalanan dapat memesan tiket secara online dengan mengisi formulir di website https://thevillagepurwokerto.my.id/ , kemudia nanti akan terintegrasikan langsung ke WhatsApp.

Menurutku ini sangat cocok untuk Teman Perjalanan yang ingin datang bersama rombongan, jadi bisa mengurangi kerempongan saat Hari-H.

Lokasi dan Rute The Village Purwokerto

The Village Purwokerto berlokasi di Dusun I, Rempoah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Menurutku, lokasinya mudah ditemukan dan rute perjalannya pun mudah diakses.

Jika, Teman Perjalanan ingin menggunakan transportasi publik, maka bisa naik Bus Trans Banyumas lalu turun di Bus Stop Saphire Village. Lokasi The Village Purwokerto ada disebrangnya, jadi hanya cukup jalan kaki.

Kemarin, aku berboncenggan menggunakan sepeda motor dengan titik awal Rita Supermall. Dan Alun-Alun Purwokerto belok kanan menuju Jalan Moh. Besar. Ikuti sajaj petunjuk ke Jalan Raya Baturraden di sebelah kiri. Kurang lebih 1,6 km belok kanan ke Jalan Sapphire Village. Lokasi tujuan ada di kanan jalan.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Jam Operasional The Village Purwokerto

Senin - Jumat: 08.00 - 17.00
Sabtu - Minggu: 08.00 -17.30
Libur setiap hari Selasa (hari besar tetap buka)

Harga Tiket The Village Purwokerto

Harga tiket masuk The Village Purwokerto Rp. 25.000,- per orang
Harga tiket Playground The Village Purwokerti Rp Rp. 27.000,- per orang
Harga sewa Paddle Boat atau perahu air Rp. 10.000,- per orang
Harga sewa kereta mini atau mobil antik Rp. 10.000,- per orang
Harga tiket masuk Kubah Burung Rp. 10.000,- per orang

Yuk, ke The Village Purwokerto!

Rasanya sudah cukup lengkap ulasan perjalananku ke The Village Purwokerto. Saranku sih, kalau ke sini mending di waktu pagi hari, biar nggak panas, hehe. Kalau mau kepo dulu langsung saja ke instagram official @thevillagepurwokerto

Yuk, lengkapi perjalananmu ke The Village Purwokerto!!

Alfiana,
Teman Perjalananmu :)

4 komentar

  1. Wah, lengkap banget ya kak selain ke destinasi wisata tp juga bisa menambah wawasan seni dan budayanya juga. Jadi wish list banget sih kalau nanti ke Purwokerto­čśü

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak bener.. nambah daftar wisata, ini termasuk baruu, kebanyakan taunya Baturaden hehe

      Hapus
  2. Wah masuk daftar jalan-jalan nih, dekat searah dari kampungku

    BalasHapus