header-pojok-alfiana

Blogspedia Coaching, Pengalaman Belajar yang Berharga

blogspedia-coaching

Halo, Teman Perjalananku

Artikel ini adalah artikel yang kutunggu-tunggu, Dear. Pasalnya, penutup kelas Coaching Blog di Blogspedia Coaching adalah membuat artikel ulasan pengalamanku selama mengikuti kelas. So, ketika artikel ini terbit maka tentu ini sudah di penghujung kelas. Senangnya..

Pengalaman Mengikuti Blogspedia Coaching

Sekitar 3-4 bulan ini aku mengikuti kelas blogging yaitu di Blogspedia Coaching. Blogspedia Coaching ini diampu oleh Mbak Marita Ningytas, seorang mom blogger cupu yang begitu aktif. Mbak Marita selain menjadi blogger, ia juga aktif di beberapa komunitas, seorang ibu dua orang anak, dan bekerja di ranah publik.

Awalnya sih, aku tidak mengira akan seserius ini mengikuti kelas. Aku sudah berpikir akan dapat banyak materi dan mengerjakan tugas, serta butuh telaten, cuman aku tidak membayangkan ternyata tugasnya bener-bener sebanyak ini. OHH ternyataa tidaaak bestie!! Materi di Blogspedia Coaching selama 3 bulan sungguh sangat-sangat banyak. Tugasnya? juga sangat buanyakk.

Materi yang didapat di Blogspedia Coaching lengkap banget, Dear. Mulai dari materi basic (niat blogging, cara menulis, menentukan niche), materi sedang (mengenal berbagai macam artikel, belajar otak-atik template, belajar membuat infografis, menerapkan SEO On Page), materi sulit (memasang tema dari pihak ketiga disertai dengan koding-koding) dan materi advance (ODOP - One Day One Post).
menu-belajar
Menu Belajar Blogspedia Coaching
menu-belajar
Menu Belajar Blogspedia Coaching

Waktu itu, yang cukup membuatku begadang 3 hari berturut-turut adalah saat mendapatkan tugas memasang template dari pihak ketiga. Karena cukup banyak drama dan yaa karena aku juga penasaran jadi makin kucoba terus, sampe gak kerasa tiba-tiba tengah malam. Namun, alhamdulillah terlewat. Dan blog yang saat ini teman-teman akses adalah hasilnya. Gemasshh kan hehe

Oiya, Dear, aku sempat burn out loh di minggu-minggu terakhir kelas. Padahal tugas minggu terakhir itu nggak sulit, hanya membuat artikel. Tapi mungkin karena beban pekerjaanku sedang banyak, adanya kegiatan lain-lain, ditambah harus masih nulis artikel, bosan, capek, deadline yang hanya sebentar, badan tidak fit, ahhh gitu lahh, rasanya aku gak sanggup. Akhirnya, beres juga artikel yang kukerjakan dalam waktu 30 menit saja yaitu Artikel Content Plan.

Kalau kejadian teledornya waktu itu (awal-awal tugas) pernah kejadian kelupaan turn-in, padahal udah PD banget share link artikel kesono kemari. Lahh, pagi hari di japri oleh Coach Yunnie kalau katanya belum turn in, yaa kaget dong, la wong aku aja udah share link artikel kemana-mana masak belum ngerjain tugas, ealah ternyata lupa belum Klik Turn In di Google Classroom. Hehe. Kejadian teledor ini sepele tapi bisa membuat di kick, Dear. Jadi, waktu itu aku memohon kelonggaran hati para coach untuk tetap menjadikanku murid.

Manfaat Mengikuti Blogspedia Coaching

Kalau ditanya manfaat, oo tentu bermanfaat, Dear.

Pertama, jelas aku jadi agak mudeng tentang blogging dan seluk beluknya

Meskipun kalau dari ilmu yang dimilik para coach, terutama Coach Marita Ningtyas, yo masih seujung kuku. Cuman, yaa nggak nol banget lah soal blog ini. Masuk di dunia blog sudah dari lama, cuman memang baru kali ini bener-bener belajar dengan kurikulum terstruktur dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu hampir 4 bulan.

Kedua, punya portofolio karya

Hal ini yang aku seneng banget, Dear. Meskipun aku bilang tugas-tugas coaching begitu berat wkwk cuman setelah aku perhatikan, aku otomatis jadi punya portofolio karya. Selain tentu saja punya blog yang profesional gituh. Kita rekap saja selama aku mengikuti coaching, aku jadi punya lebih dari 20 artikel yang lumayan layak, karena dalam proses mengerjakan tugasnya juga gak asal-asalan (yaa meski masih banyak kurangnya, juga kadang asal ngerjain juga sih) tapii ya cukup lah untuk dijadikan portofolio seorang blogger pemula.

Ketiga, dikenal orang kalau aku blogger. 

Nah, ini terjadi tanpa sengaja juga, Dear. Karena setiap kali tugas kita diminta untuk share ke sosmed, jadi otomatis orang-orang akan tahu kegiatan kita, salah satunya sedang menekuni blogging. Meskipun kemarin aku nggak share postingan tentang personal branding, cuman dari share-share-an ku sebelumnya orang-orang jadi tau siapa aku.
 
Kenapa aku PD banget bilang, kalau orang jadi tau aku seorang blogger, itu karena ada beberapa orang yang menghubungiku. Ada yang bilang pengen belajar blogging, pengen tau caranya ikut kelas gimana, pengen diajarin, bahkan yang terakhir menanyakan apakah aku melayani jasa pembuatan website. Hehe. Padahal aku nggak pernah ngiklan, loh. Itu semua terjadi alamiah.

Layanan Blogspedia

Blogspedia adalah platform dengan banyak layanan, Dear. Jadi tidak hanya coaching blog seperti yang aku ikuti di Blogspedia Coaching.
 
Ada 3 layanan utama di Blogspedia, Dear.
  1. Jasa pembuatan konten
  2. Jasa pembuatan website
  3. Jasa coaching blog
Jadi, jika teman-teman semua membutuhkan jasa pembuatan konten atau pembuatan website bisa langsung menghubungi Blogspedia atau Mbak Marita Ningtyas

Sosial media blogspedia di instagram @blogspedia

website blogspedia
Website Blogspedia

Mau Belajar Blog?

Dear, aku percaya bahwa diriku bisa berdaya dengan ilmu atau keterampilan. Ilmu dan keterampilan tidak bisa datang begitu saja melainkan harus dijemput.

Salah satu caraku untuk menjemput ilmu dan keterampilan adalah dengan mengikuti Blogspedia Coaching ini, Dear. Aku meniatkan coaching yang aku ikuti ini untuk menambah pahala menuntut ilmu dan menambah keterampilan.

Dalam kegiatan menuntut ilmu, aku selalu mengingat sebuah hadits bahwa menuntut ilmu itu dapat memudahkan jalan ke surga serta menaikkan derajat orang yang menuntut ilmu tersebut.
Kalau, kamu, Dear pengen banget punya keterampilan tambahan mungkin mencoba Blogspedia Coaching bisa menjadi salah satu pilihan. Kutunggu kamu menjadi Squad Blogger Cupu, yaa..


Teman Perjalananmu,
Alfiana :)

Posting Komentar