header-pojok-alfiana

Content Plan Untuk Blogger, Bikin Kamu Sat Set Nulis


content plan untuk blogger
Halo, Teman Perjalananku!

Apakah kamu pernah merasa tiba-tiba gak punya ide ketika mau menulis, padahal sebelumnya kamu merasa banyak sekali ide? Jika, iya. Kamu tidak sendiri, Dear. Dan jangan khawatir.. Kamu mungkin perlu berkenalan dengan Content Plan. Yuk, simak penjelasannya.

Definisi Content Plan untuk Blogger

Content Plan adalah jadwal yang digunakan untuk memenejement penayangan konten, dalam hal ini adalah konten pada blog.

Jenis Content Plan untuk Blogger  

Ada beberapa jenis content plan berdasarkan pembagian timeline-nya yaitu Yearly Conten Plan, Monthly Content Plan, Weekly Content Plan, dan Daily Content Plan.

Yearly Content Plan

Yearly content plan atau rencana konten tahunan, bisa berisi goals-goals atau rencana besar yang ingin dilakukan seorang blogger pada satu tahun tersebut. Biasanya ini bisa berupa achievemnet apa yang ingin diperoleh, skill apa yang ingin ditingkatkan pada tahun ini, ingin mengikuti perlombaan berapa kali, jika blog sudah dimonetisasi mungkin juga bisa berapa income yang ingin diperoleh dalam satu tahun.

Monthly Content Plan

Monthly content plan atau rencana konten bulanan, bisa berisi tema artikel secara umum pada bulan itu ingin membahas apa? Misalnya bulan April identik dengan peringatan hari kartini, maka konten di bulan April akan banyak membahas dengan tema kartini. Atau bulan Agustus identik dengan peringatan kemerdekaan, maka konten yang ditulis di bulan Agustus bisa menggunakan tema kemerdaan dan yang berkaitan dengan perayaan kemerdaan.

Weekly Content Plan

Weekly conten plan atau rencana konten mingguan, bisa berisi tema artikel apa yang ingin ditulis selama satu minggu yang disesuaikan dengan label blog. Pada weekly content plan, planning yang dibuat sudah mulai teknikal, misalnya rencana judulnya apa, mau label apa, risetnya mau bagaimana?

Daily Content Plan

Daily content plan atau rencana konten harian, adalah rencana hal-hal teknis yang akan kita lakukan untuk mewujudkan konten itu bisa tayang. Misalnya, dalam sehari akan menulis berapa kata, apakah 500 kata, 1000 kata, atau 2000 kata? Akan menulis dari jam berapa sampai jam berapa? Akan posting jam berapa?

Manfaat Content Plan untuk Blogger

Kalau membahas manfaat, menurutku nih ya Dear, dengan adanya content plan kita akan belajar untuk disiplin dan konsisten. Dan jujur aja, dua hal tersebut sedang berusaha aku terapkan untuk diriku sendiri.

Tapi memang betul sih,

Hal besar dimulai dari hal kecil.

Kesuksesan itu terwujud dengan dua hal : disiplin dan konsisten.

Planning dan Goals Tahun Pertama

yearly content plan
Planning Tahun Pertama menjadi Blogger Profesional

Untuk tahun pertama serius menjadi blogger aku punya 3 goals yaitu :

Konsisten menulis dua artikel dalam sebulan

Di tahun pertama serius menjadi blogger profesional, pertama-tama aku ingin konsisten dulu menulis. Aku ingin memenukan ritme kerjaku menjadi seorang penulis. Aku ingin tahu style tulisanku. Aku ingin tahu tulisan seperti apa yang aku suka, paham, dan ingin aku dalami.

Dengan konsisten membuat tulisan, goalsku adalah mempunyai portofolio karya. Ketika aku sudah memiliki portofolio tulisan, itu akan memudahkanku untuk langkah-langkah selanjutnya. Dalam hal ini tentu tulisan yang dihasilkan adalah tulisan yang memperhatikan SEO.

Memahami peluang job menulis di blog

Sembari aku menikmati diriku dengan perjalanan menulisku, aku juga ingin melangkah untuk memonetisasi kegiatan menulisku. Langkah yang bisa aku lakukan adalah dengan mempelajari peluang-peluang apa saja yang bisa aku tempuh untuk hal itu. Aku rencananya ingin mewawancara senior blogger yang sudah lebih dulu terjun, mengikuti komunitas blogger, bergabung dengan agensi, dan mempelajari potensi-potensi lainnya

Mendapat job menulis 10 kali

Poin ketiga ini tidak bisa kumunafikkan. Setelah portofolio oke, akunya enjoy dengan perjalanan menulis. Dilengkapi dengan aku belajar potensi-potensi mendapatkan job di blog, maka selanjutnya aku ingin mendapatkan job menulis di tahun pertama menjadi blogger profesional sebanyak 10x. Aku nggak tahu angka 10x itu banyak atau sedikit. Tapi menurutku, cukuplah untuk blogger pemula sepertiku.

Doakan, ya, Dear. Semoga apa yang kucitakan ini mendapat ridho-Nya.

Content Planning Mingguan

content-plan-mingguan
Content Plan Mingguan
Dear, aku ingin menuliskan content planning mingguan selama satu minggu ke depan. Mulai tanggal 16 – 21 Oktober 2023.

Senin, 16 Oktober 2023 – Traveller

Rencananya, tanggal 16 Oktober 2023 aku akan menulis untuk label Traveller. Spesifik artikel yang ditulis adalah tentang masjid baru di kabupaten Klaten yang cukup megah dan menawan.

Selasa, 17 Oktober 2023 – Read Aloud

Rencananya, tanggal 17 Oktober 2023 aku akan menulis untuk label Read Aloud. Spesifik artikel yang akan ditulis adalah press release kegiatan tentang kegiatan Sains melalui metode Read Aloud di SDIT Hidayah Ngawen.

Rabu, 18 Oktober 2023 – Ortotik Prostetik

Rencananya, tanggal 18 Oktober 2023 aku akan menulis untuk label Ortotik Prostetik. Spesifik artikel yang akan ditulis adalah tentang penggunaan Pavlik Harness.

Kamis, 19 Oktober 2023 - Kuliner

Rencananya, tanggal 19 Oktober 2023 aku akan menulis untuk label Kuliner. Spesifik artikel yang akan ditulis adalah tentang kuliner di Solo (Selat Tenda Biru).

Jumat, 20 Oktober 2023 - Inspirasi

Rencananya, tanggal 20 Oktober 2023 aku akan menulis untuk label Inspirasi. Spesifik artikel yang akan ditulis adalah tentang Play Date Komunitas Read Aloud Klaten.

Sabtu, 21 Oktober 2023 - Blogging Journey

Rencananya, tanggal 21 Oktober 2023 aku akan menulis untuk label Blogging Journey. Spesifik artikel yang akan ditulis adalah tentang pengalamanku mengikuti Blogspedia Coaching.

Semogaa yaa apa yang aku rencanakan mendapat ridho dari Allah. Aku tuh, orangnya well planning banget sebetulnya. Tapi mode activatorku itu sedikit lemah haha jadi terkadang perlu trigger untuk menyelesaikan apa yang sudah aku rencanakan. Hehehe.. but overall aku menikmati prosesku. Ditambah dengan metode membuat content plan ini, melengkapi perjalananku menjadi seorang blogger professional.

Teman Perjalananmu,

Alfiana :)

Posting Komentar