header-pojok-alfiana

Wujudkan Literasi Digital dengan PC ASUS S500MA

Tampilan PC ASUS S500 MA
Tampilan PC ASUS S500MA

Halo, Teman Perjalananku

Perjalanan membawaku menjadi seorang Read Aloud Activist. Di manapun aku berada, jika ada kesempatan untuk melakukan kegiatan Read Aloud maka aku akan dengan antusias dan mode sat set segera saja memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membacakan nyaring. 

Buku Digital untuk Membacakan Nyaring 

Bahkan, ketika tidak membawa buku fisik pun, aku harus berinisiatif supaya waktu dan kesempatan yang ada tidak terbuang sia-sia. Buku digital adalah solusinya. Jadi, Dear, saat ini untuk melakukan praktik baik membacakan nyaring (read aloud) tidak harus selalu menggunakan buku fisik. Kita bisa menggunakan buku digital. 

Buku digital yang saat ini bisa kita gunakan untuk kegiatan membacakan nyaring anatara lain :

- Let's Read

- Literacy Cloud

- Story Weaver milik Badan Pengembangan Bahasa dan Budaya

- Buku Seri Pengenalan Budaya Nusantara

- Baca Pibo

Ini adalah salah satu tampilan dasboard Buku Digital Let's Read yang diakses melalui website :

Buku Digital Let's Read
Tampilan Buku Digital Let's Read

Pengalaman Membacakan Nyaring dengan Laptop

Suatu hari, saat sedang playdate bersama Komunitas Read Aloud Semarang tiba-tiba anak-anak minta dibacaka buku. Karena buku fisik yg dibawa sudah dibaca oleh temanku yang lain, tentu saja aku harus memikirkan cara. Aku teringat untuk membacakan buku digital melalui laptop.

Langsung saja aku buka laptop dan membacakan buku. Tapi yaa karena dadakan tahu bulat dan device yang aku punya apa adanya, aku merasa kurang maksimal dalam membacakan bukunya.

Read Aloud dengan Laptop
Read Aloud dengan Laptop
Dear, kamu bisa lihat sendiri betapa antusiasnya anak-anak saat sesi membacakan buku secara nyaring dengan laptop. Mereka berebut untuk menunjuk layar laptop. Aktif bertanya mengenai ilustrasi yang ada dalam buku dan makna kesinambungan dari teks yang kita bacakan. Dear, coba perhatikan anak laki-laki yang menggunakan kaos berwarna merah, ia dengan bersemangat menunjuk layar laptop disambut berebut dengan anak-anak lainnya. Heboh sekali.

Dear, kamu  bisa melihat video storyku saat aku membacakan buku secara nyaring di laptop dengan mengeklik tautan tersebut.

Ditambah lagi, kalau anak-anak yang ikut mendengarkan aku membaca nyaring itu cukup banyak. Rasanya pakai laptop saja kurang. Aku membayangkan memiliki device yang bisa membuat anak-anak terpesona saat sesi membacakan nyaring karena melihat kejernihan grafis ilustrasi-ilustrasi yang ada dalam buku sehingga seolah tampak realistis. Juga aku tidak kesulitan membacakan teks-teks yang ada dalam buku karena ketajama resolusinya.

Dan sekarang, imajinasiku akan device yang bisa menyempurnakan kegiatan read aloud dengan buku digital terwujud. ASUS S500MA hadir dipersiapkan untuk tugas apapun. 

Wujudkan Literasi Digital dengan PC ASUS S500 MA

ASUS S500MA hadir dipersiapkan untuk tugas apapun. Tugas-tugas sederhana harian seperti menulis, membuat laporan, browsing di internet, melihat foto dan video, bermain game semua bisa dilakukan dengan baik melalui PC ASUS S500MA. Dan tentu saja, kegiatan membacakan nyaring bisa dengan tenang dilakukan. 

Saat sesi membacakan nyaring dengan buku digital, hal yang paling menakutkan untukku adalah saat halaman berikutnya dari suatu cerita lama sekali untuk berganti. Ini menyebabkan cerita menjadi terpotong. Anak-anak antusiasnya menjadi menurun. Hal ini bisa terjadi karena device yang digunakan kurang responsif. Kabar baiknya, PC ASUS S500MA ini menggunakan Prosesor Intel® Core™ generasi terbaru dan memori berkecepatan tinggi, Dear. Sehingga memberikan kinerja yang cepat dan responsif. Jadi nggak khawatir lagi, deh, gak akan akan drama-drama telat buka halaman baru pas sesi membacakan nyaring dengan buku digital.

PC ASUS S500 MA dapat digunakan untuk membacakan nyaring bersama anak

Seperti yang sebelumnya aku tuliskan, aku membayangkan memiliki device yang bisa membuat anak-anak terpesona saat sesi membacakan nyaring karena melihat kejernihan grafis ilustrasi-ilustrasi yang ada dalam buku sehingga seolah tampak realistis. Juga aku tidak kesulitan membacakan teks-teks yang ada dalam buku karena ketajama resolusinya. Dan kalian tahu, Dear, PC ASUS S500MA menjawab imajinasiku. Kartu grafis NVIDIA® GeForce® up GT710 diskritnya dapat meningkatkan visual untuk foto dan grafis, juga video yang akan tampil sangat realistis.

Grafis-4K-UHD-ASUS S500MA
Visual 4K UHD PC ASUS S500MA - Tajam dan Detail

Bahkan, grafik NVIDIA® diskrit pada PC ASUS S500MA meningkatkan visual dan memungkinkan tampilan hingga 4K UHD. Dengan resolusi tajam 3840 x 2160 piksel - 4K lebih banyak dari Full HD. Semua grafis sangat tajam, dari detail terbaik dalam foto dan video hinga teks terkecil. 

Kartu Grafis NVIDIA® up to GT710
PC ASUS S500MA menggunakan Kartu Grafis NVIDIA® up to GT710
Spesifikasi grafisnya, Dear, ajibbb.. menjawab banget kebutuhanku, agar buku yang aku bacakan nampak realistis, visualnya tajam, teksnya pun detail, sehingga anak-anak merasa "wahhh buku yang dibacakan hiduppp dan nyataa!!"
Kadangkala kita juga ingin menyimpan buku digital yang ingin kita baca atau yang telah kita baca. Agar suatu saat ingin membaca kembali tidak bingung dimana letaknya. Hard drive PC ASUS 500MA ini punya lebih dari cukup ruang untuk menyimpan semua buku digital kita, Dear. Juga kita bisa leluasa menyimpan foto, video dan berkas-berkas lainnya. Bahkan bisa diakses dalam hitungan detik. Penyimpanan PC ASUS 500MA ini up to 1 TB, memori DDR4 RAM (50% lebih cepat daripada DDR3).

Penyimpanan-PC ASUS S500MA
Penyimpanan PC ASUS S500MA

Rancangan PC ASUS S500MA

Rancangan PC ASUS S500MA mempunyai desain canggih hingga catu daya, mampu memberikan pengalaman yang lebih aman dan lancar untuk komputasi dan kebahagiaan sehari-hari dengan PC. Dilengkapi juga dengan catu daya yang bersertifikasi Platinum 80 PLUS® efisiensi tinggi. Direkayasa dengan kapasior kelas atas untuk daya tahan maksimum. Sehingga, memungkinkan untuk dapat menghasilkan daya dengan efisiensi hingga 92%, sehingga menghasilkan lebih sedikit panas dan menurunkan biaya operasional jangka panjang.

Semua komponen internal PC ASUS menggunakan keseluruhan kapasitor yang solid pada motherboard. Kapasitor yang solid mampu menahan suhu ekstrim terlebih untuk penggunaan berjam-jam, sehingga kinerja bisa mulus dan stabil.

PC ASUS sudah diuji dengan uji yang lengkap, uji kebisingan, getaran, jatuh, kejut termal yang sangat teliti. So, dari uji membuat pengguna seperti jadi merasa tenang. Terlebih kalau Read Aloud, beuuhh tau kan riweuhnya, tau tauu Gubrakkk anak-anak senggol sana, senggol sini insyaAllah aman.

Koneksi Komprehensif PC ASUS S500MA

Koneksi Komprehensif PC ASUS S500MA
Koneksi Komprehensif PC ASUS S500MA
PC ASUS S500MA punya delapan port USB sehingga memudahkan untuk mengunggah dan mentransfer file atau menghubungkan ke perangkat eksternal. Empat port yang dipasang di depan akan memudahkan kita untuk menghubungkan dengan drive eksternal, kamera, atau perangkat seluler tanpa harus repot ke bagian belakang. Jadi lebih simpeell dan sat set kalau harus buru-buru segera Read Aloud tapi materinya ada di flashdisk atau drive eksternal lainnya.

Kalau Rejeki Nomplok

Jika dikasih rejeki untuk menggunakan PC ASUS S500MA ini aku nggak akan nolak dan aku bilang, "Mau bangettt, cepetann dateng, mau segera aku pakai!!" Hehehe. Karena memang PC ASUS S500MA ini memenuhi semua ekspektasiku khususnya kalau untuk read aloud pakai buku digital dan insyaAllah akan terwujudlah literasi digital.

Teman Perjalananmu,
Alfiana :)

Posting Komentar