header-pojok-alfiana

Masjid H. Muklas Himawan Klaten, Masjid Menawan Terbaru di Klaten

Halo, Teman Perjalananku!

Ada yang sudah tau masjid terbaru nan mewah di Kabupaten Klaten belum? Katanya arsitekturnya mirip sekali dengan Masjid Nabawi di Tanah Suci. Nama masjidnya adalah Masjid H. Muklas Himawan Klaten.

Mulai pertengahan tahun 2023 ini aku mulai penasaran dengan keberadaan masjid baru ini. Kalau dari jalan keliatan kubah putihnya yang menawan. Karena semakin penasaran, suatu hari menyengaja untuk mampir di Masjid H. Muklas Himawan Klaten.

Yuk, simak masjid tour Masjid H. Muklas Himawan Klaten 

Lokasi Masjid H. Muklas Himawan Klaten 

Masjid H. Muklas Himawan ini letaknya masih di wilayah jantung kota Kabupaten Klaten. Tepatnya di Desa Jebugan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah.


Aksesnya cukup mudah, dari Simpang Lima Brame Tugu Pandawa teman-teman ambil arah yang menuju Gergunung atau ke Jalan Ki Ageng Panjawi. Kurang lebih 600 meter (1 menit) teman-teman sudah bisa langsung menemukan plang Masjid H. Muklas Himawan. Plang dengan bacground putih dengan tulisan hijau font besar. Lokasi masjid tidak jauh dari kantor Percetakan Sahabat Klaten.

Plang Masjid H. Muklas Himawan Klaten
Plang Masjid H. Muklas Himawan Klaten

Proses Pembangunan Masjid H. Muklas Himawan

Masjid H. Muklas Himawan ini baru saja selesai pembangunan, Dear. Karena aku sering lewat daerah tersebut, jadi cukup mengamati pergerakan pembangunannya. Pembangunan dilakukan di tahun 2022. Baru selesai dan dapat digunakan untuk umum tahun 2023 ini. Ketika pembagunan selesai, seng-seng penutup proyek pembangunan dibuka, langsung terlihatlah gapura mewah Masjid H. Muklas Himawan.

Gapura Masjid H. Muklas Himawan Klaten
Gapura Masjid H. Muklas Himawan Klaten

Berdasarkan sedikit informasi yang aku peroleh Masjid H. Muklas Himawan ini didirikan di tanah wakaf milik H. Muklas Himawan. H. Muklas Himawan adalah pemilik Percetakan Sahabat Klaten pemilik atau pewakaf tanah masjid tersebut. Pembangunan diselesaikan oleh Yayasan Jamaah Haji Klaten.

Arsitektur Masjid H. Muklas Himawan

Gaya arsitektur Masjid H. Muklas Himawan terutama pada tiang-tiangnya mirip dengan Masjid Nabawi di Arab. Masjid tampah gagak dengan bentuk kubik, dengan empat sisi yang sama. Di setiap sisi terdapat serambi dan tiang-tiang yang khas dengan cat warna hitam dan putih gari selang seling dan ada corak warna emas.

Masjid H. Muklas Himawan Klaten ini tidak terlalu besar banget, tapi sudah sangat cukup untuk menampung sekitar 200-300 jamaah di dalam masjid, bahkan bisa lebih. Meskipun saya bisa bilang masjid ini dibangun di kawasan dengan area yang cukup luas. Dan masjid menjadi centernya.

Terdapat kubah berwarna hijau tua dan terdaat tiga menara yang menjulang. Penampakan kubah dan menara ini dari jauh sudah keliatan, Dear. Dan ini juga yang membuat aku penasaran untuk mampir. Kalau malam hari, Masjid H. Muklas Himawan Klaten ada lampu-lampu terang yang membuat masjid makin menawan.

Arsitektur Masjid H. Muklas Himawan Klaten
Arsitektur Masjid H. Muklas Himawan Klaten

Serambi Masjid H. Muklas Himawan

Tempat yang membuat aku jatuh cinta adalah serambi masjidnya. Ada beberapa anak tangga menuju serambi. Serambinya memanjang dan cukup luas. Serambi masjid menyatu dari satu sisi masjid ke sisi yang lainnya. Saat aku duduk-duduk di serambi masjid ditambah ada angin sepoi-sepoi rasanya tenang, nyaman sekali. 
Serambi Masjid H. Muklas Himawan Klaten
Serambi Masjid H. Muklas Himawan Klaten 
Ditambah ada taman mini di depan serambi. Ah, lengkap banget. Ada rerumputan dan bunga-bunga kecil yang aku abadikan fotonya. Cantik sekali.

Bunga-bunga Kecil di Taman Serambi Masjid H. Muklas Himawan Klaten
Bunga-bunga Kecil di Taman Serambi Masjid H. Muklas Himawan Klaten 

Lantai 1 Masjid H. Muklas Himawan

Lantai 1 Masjid H. Muklas Himawan terhampar luas tanpa sekat. Hanya ada tiang besar yang berada di bagian depan itupun tidak mengganggu shaf solat. Jadi ini untuk Lantai 1 benar-benar lega tempatnya. Luas banget. InsyaAllah sangat nyaman digunakan untuk solat atau ibadah lainnya.

Pemilihan warna cat Masjid H. Muklas Himawan dominan putih dan latte. Untuk ornamen-ornamen warna coklat tua, gold, hitam, dan orange. Di bagian mimbar terdapat kaligrafi yang cukup simpel sehinga menambah masjid menawan. Iconik paling menonjolnya adalah tulisan lafadz Allah dengan warna emas.  

Lantai 1 Masjid H. Muklas Himawan Klaten
Lantai 1 Masjid H. Muklas Himawan Klaten

Lantai 2 Masjid H. Muklas Himawan

Masjid H. Muklas Himawan ada lantai duanya, Dear. Akses menuju Lantai 2 menggunakan tangga manual. Langit-langit Masjid H. Muklas Himawan itu berbentuk gemotri segi enam dengan warnan emas. Kelihatannya simpel tapi terlihat eksklusif dan mewah. 
Tangga menuju Lantai 2
Tangga menuju Lantai 2
Suasana di lantai dua juga luas, cuman tidak terlalu lega seperi di lantai satu. Yang bikin nyaman adalah ada akses menuju balkon, jadi di lantai dua juga adem sepoi-sepoi. InsyaAllah sangat nyaman digunakan untuk solat atau ibadah lainnya. 
Suasana Lantai 2 Masjid H. Muklas Himawan Klaten
Suasana Lantai 2 Masjid H. Muklas Himawan Klaten
Cuman karena kemarin aku pas datang itu masih awal-awal banget selesai dari tahap pembangunan, jadi belum 100% selesai proses cleaning. Ada beberapa bagian lantai yang perlu dibersihkan. Namun pasti jika nantinya Masjid H. Muklas Himawan Klaten ini sudah beroperasi secara normal akan bersih.

Fasilitas VIP Masjid H. Muklas Himawan

Kalau aku boleh bilang, masjid H. Muklas Himawan ini paket komplit. Lahannya luas sehingga mewadahi tempat parkir yang begitu luas juga. Bahkan ada Security yang menjaga kendaraan kita. Dan VIP pertamanya tuh, masjid ini seperti di satu kawasan gitu, karena ada masuk gapura besar baru masuk masjidnya, 

Fasilitas VIP kedua adalah adanya joglo.
Di kawasan tersebut juga akan ada Pondok Pesantren yang saat ini sedang dilakukan proses pembangunan.

Joglo di Area Masjid H. Muklas Himawan Klaten
Joglo di Area Masjid H. Muklas Himawan Klaten 
Fasilitas lain seperti toilet dan tempat wudhu juga cukup bersih. Lokasinya ada di Lantai 1. Tempat wudhu bisa diakses dari luar dan nyambung ke bagian dalam masjid. Tempat wudhu laki-laki dan wanita terpisah, Dear. Di dekat tempat wudhu juga disediakan loker-loker yang cukup banyak dan kuncinya dibawa sendiri oleh jama'ah. Sehingga, bisa dengan tenang meninggalkan barang bawaan ketika akan solat.  

Nah, di dalam kompleks Masjid H. Muklas Himawan Klaten juga sedang berlangsung pembangunan pondok pesantren, Dear. Pondok pesantren para penghafal Al Qur'an. MasyaAllah yaa..

Video Masjid Tour Masjid H. Muklas Himawan

Dear, untuk menambah kepuasan melihat menawannya Masjid H. Muklas Himawan, teman-teman bisa melihat video berikut ini, ya :)
  
Dear, itu tadi Masjid Tour yang Masjid H. Muklas Himawan Klaten. Semoga teman-teman bisa berkunjung ke Masjid H. Muklas Himawan ini, yaa..

Teman Perjalananmu,
Alfiana :)

Posting Komentar