header-pojok-alfiana

Playdate Read Aloud Klaten, Literasi Sains dan Aktivitas Permainan Tradisional

foto-bersama-play-date
Halo, Teman Perjalananku!

Siapa sih nggak suka kumpul-kumpul, apalagi kumpul-kumpulnya diisi dengan kegiatan edukatif. Emak-emak dapat insigt edukasi, anak-anak tetap on track plus dapet edukasi juga. Para emak-emak pasti sueneng deh. Yapp, kemarin aku bersama Komunitas Read Aloud Klaten menyelenggarakan kegiatan Playdate ke-2.

Kegiatan Playdate ke-2 diadakan Minggu, 15 Oktober 2023 di Taman Lampion Klaten. Rangkaian playdate kali ini bertajuk sains dan permainan tradisional. Anak-anak mengikuti kegiatan read aloud dan bookishplay, sedangkan orang tua mengikuti kegiatan parenting session dengan tema edukasi sains khususnya edukasi seksual.

Kegiatan terbagi di dua gazebo Taman Lampion. Satu gazebo untuk anak-anak, satu gazebo untuk orang tua. Dua gazebo ini saling berdekatan, supaya orang tua tetap bisa memantau anak-anaknya. Lokasi di Taman Lampion cukup nyaman, Dear, karena banyak pohon rindang menjadikan suasana adem. Lokasi parkir juga dekat dengan gazebo, jadi nggak kerepotan untuk keluar masuk jika ada keperluan.

Read Aloud dan Bookisplay untuk Anak

Anak-anak difokuskan untuk mengikuti read aloud dan bookisplay. Read Aloud atau membacakan nyaring adalah kegiatan membacakan buku dengan suara nyaring atau lantang dengan adanya interaksi dengan anak. Membacakan nyaring mempunyai manfaat neurologis, kognitif, sosial, dan psikologi, Dear. Hasil baik dari praktik membacakan nyaring anak dengan benar dapat menjadikan anak generasi yang cinta membaca, Dear.
Kak Erlin sedang Membacakan Buku secara Nyaring
Sesi membacakan nyaring dipandu oleh Kak Erlin. Uniknya Kak Erlin membawa teman kecil yaitu boneka tangan bebek. Tentu saja, anak-anak langsung terhipnotis ketika Kak Erlin membacakan buku ditambah dengan kehadiran boneka tangan yang lucu. Buku yang dibacakan buku dengan tema sains. Saat membacakan nyaring, kita diperbolehkan membawa peralatan yang menunjang kegiatan membacakan nyaring.

Dalam kegiatan membacakan nyaring, perlu adanya interaksi dengan anak-anak (audiens). Jadi, tidak hanya membaca saja. Perlu ada penjelasan terkait ilustrasi yang ada dalam buku. Aku sudah merangkum 8 Cara Membacakan Nyaring untuk Anak nih, Dear. Bonus dari membacakan nyaring adalah adanya attachment yang kuat antara anak dan orang tua (hal ini selaras dengan edukasi yang diterima orang tua bahwa orang tua perlu memperbanyak attachment dengan anak di fase awal usia anak)
kegiatan-anak-anak
Kegiatan anak-anak pada Playdate Komunitas Read Aloud Klaten
Ternyata, satu sesi membacakan nyaring saja tidak cukup, Dear. Anak-anak masih dalam rentang fokus jadi dilanjutkan untuk sesi read aloud yang kedua oleh Kak Sandra. Kak Sandra juga menjelaskan banyak hal mengenai fenomena-fenomena dalam sains.

Kegiatan anak-anak lainnya adalah bookisplay membuat gasing sederhana. Fenomena sains yang menjelaskan gasing berkaitan dengan gaya gravitasi dan putaran atau torsi. Setelah selesai membuat gasing, anak-anak diajak untuk lomba memainkan gasing. Siapa yang paling cepat maka akan mendatkan hadiah buku.

Setelah usai membuat gasing, anak-anak bebas bermain. Tersedia banyak permainan, seperti dakon, sensory play, malam pet, origami, mainan hewan-hewan, dan ada pojok buku. Anak-anak bebas memilih ingin bermain apa tentu sambil didampingi pendamping.

Lama bermain, pasti lapar. Selanjutnya, anak-anak makan snack bersama. Anak-anak bebas memilih makanan atau snack yang tersedia. Oya, tadi tiket masuk kegiatan playdate adalah dengan membawa makanan atau minuman bebas, yang disebut dengan konsep potluck.

Parenting Session - Edukasi Seksualitas Anak dan Remaja

Sementara anak-anak fokus dengan kegiatan read aloud dan bookishplay, orang tua mengikuti parenting session di gazebo sebelah. Parenting session diisi oleh Ibu Aning Handayani, S.Kep founder dari Rumah ACC (Aqilbaliqh Center and Counseling).
parenting-session
Parenting Session Read Aloud Klaten
Materi yang disampaikan adalah seputar edukasi seksual untuk anak dan remaja. Edukasi ini untuk orang tua, jadi orang tua diberikan bekal hal-hal apa saja yang harus diketahui dan dilakukan ketika anak di fase puber dan baligh. Setiap peserta mendapatkan hand-out yang berisi materi.

Materi yang disampaikan Bu Aning terpisah untuk anak laki-laki dan perempuan, karena keduanya memiliki fisiologis yang berbeda sehingga perlu mendapatkan perlakuan yang berbeda pula. Dalam materi dijelaskan anatomi dari alat genital laki-laki dan perempuan itu seperti apa, fungsinya seperti apa, dan konsekuensi-konsekuensi lainnya seperti apa.

Harapan dari parenting session ini adalah para orang tua sadar bahwa pendidikan seksualitas itu penting untuk dimengerti dan juga penting untuk disampaikan ke anak, Dear. Mindset yang ditanamkan adalah bahwa membahas seksualitas bukanlah hal tabu, karena hal ini juga merupaka salah satu fitrah yang diberikan oleh Allah Swt kepada setiap hamba. Justru dengan kita mempelajarinya, maka akan mengetahui boleh dan tidak boleh terkait hal itu, akan tahu penanganan yang tepat jika terjadi seperti ini seperti itu.

Dalam sesi ini, para orang tua nampak antusias dan serius ketika materi disampaikan. Saat sesi tanya jawab pun juga banyak sekali pertanyaan yang diajukan. Namun, tentu karena keterbatasan waktu perlu disudahi secara formal.
penyerahan-cinderamata
Penyerahan Cinderamata dari Komunitas Read Aloud Klaten untuk Ibu Aning Handayani S. Kep
Sebagai penutup parenting session, Komunitas Read Aloud Klaten memberikan cinderamata untuk Ibu Aning Handayani, S.Kep yang telah berkenan menyampaikan materi. Melalui tulisan ini, aku mewakili Komunitas Read Aloud Klaten mengucapkan banyak terima kasih, semoga bisa terjalin kolaborasi lainnya di lain waktu.

Rasa-rasanya, kegiatan ini tidak ingin disudahi, tapi ya tidak mungkin hehe. Jadilah kami menutup kegiatan dengan berfoto bersama. Senang sekali rasanya bisa berjumpa dengan banyak teman dan anak-anak dalam kegiatan playdate kemarin. Aku ucapkan terima kasih untuk semua teman yang hadir dan turut membantu. Semoga bisa berjumpa di lain kesempatan, ya.

Teman Perjalananmu,

Alfiana :)

Posting Komentar