header-pojok-alfiana

Cara Daftar Google News, Bikin Artikel Mudah Terindeks!

cara daftar google news
Halo, Teman Perjalananku!

Pengen nggak nih, Dear, artikel yang kita tulis dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia? Pastinya pengen, dong! Nah, dengan mendaftarkan website kita di Google News nantinya artikel kita akan muncul di halaman Google News dan tentunya mudah terindeks oleh mesin pencari sehingga kemungkinan untuk masuk di halaman lebih besar. Dan tentu saja tidak perlu repot-repot untuk setiap kali terbit artikel melakukan indeksasi di Google Search Console. Hidup anti ribet nggak tuh!! 

Sebelumnya, teman-teman sudah pasang Google Analytic (GA4) dan Google Search Console belum nih? Kalau belum teman-teman bisa cek artikel Tutorial Membuat Google Analytics Terbaru (GA4) dengan bantuan Google Tag Manager bagi Pemula dan Cara Verifikasi Google Search Console. Dua tools tersebut akan saling berkaitan dengan Google News.

Manfaat Daftar Google News

manfaat daftar google news
Manfaat Daftar Google News

Menaikkan Traffic atau Jumlah Kunjungan

Ketika blog atau website kita sudah didaftarkan di Google News, maka artikel kita otomatis akan masuk di halaman Google News. Ketika artikel masuk di Google News hal tersebut besar kemungkinan dapat menaikkan jumlah kunjungan ke blog/website kita, sehingga trafficnya akan naik deh.

Memungkinkan Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari

Karena artikel yang telah kita publish akan selalu masuk di Google News artikel kita kan sering dibaca orang, maka lama-kelamaan artikel-artikel dari website kita akan menjadi artikel rekomendasi. Kalau sudah gitu Google akan lebih percaya dengan artikel kita dan akan direkomendasikan di mesin pencari. Akan sangat mungkin artikel kita bisa masuk di halaman pertama mesin pencari. Namun, jangan lupa untuk menerapkan kaidah SEO biar makin topcerr artikelnya.

Mendapatkan Banyak Backlink

Backlink adalah tautan dari sebuah website yang mengarah ke website lain. Sebagai blogger, peran baclink cukup urgent dalam menaikkan kredibilitas blog. Saat sudah didaftarkan di Google News, artikel kita akan berpeluang besar direkomendasikan oleh Google News, kalau sudah begitu, artikel kita akan menjadi referensi terkini tentang topik-topik tertentu.

Ketika blogger lain membutuhkan referensi untuk tulisan mereka, tentu saja akan menggunakan artikel  milik kita, karena artikel kita sudah direkomendasikan oleh Google dan mereka akan mencantumkan backlink ke blog/website kita. Semakin banyak backlink yang kita dapatkan, akan meningkatkan kredibilitas blog kita. 

Media Branding yang Efektif dan Murah

Kekuatan website adalah artikelnya, ketika kita menulis artikel yang berkualitas kemudia masuk di Google News sehingga menjadi artikel yang direkomendasikan oleh Google, di mana bonusnya adalah  bisa masuk di halaman pertama mesin pencari, maka itu adalah prestasi besar untuk pemilik website. 

Tidak perlu keluar biaya mahal untuk branding brand tapi cukup dengan membuat konten berkualitas dan berhasil diindeks oleh mesin pencari, sehingga banyak orang yang akan mencari dan membutuhkan artikel kita. Selain efektif untuk branding, mendaftar di Google News adalah cara murah untuk media branding.

Cara Daftar Google News

Sudah terpesona dengan manfaat Google News cekidot aja deh kita tutorial cara daftar Google News: 

Membuat Akun

Langkah pertama, teman-teman buka link publishercenter.google.com

Isikan URL dengan nama website yang akan didaftarkan. Jangan lupa tulis Nama, Pilihan Negara, dan Bahasa yang digunakan. Akhiri dengan centang kotak persetujuan, lalu Add Publication.

Lengkapi Explore Product

Langkah kedua, pilih bagian Google News, klik Open. Akan muncul pop-up, Edit dan isi Basic Information sesuai dengan website. Isi kategori dan pilih Niche blog yang paling sesuai.

Menambahkan Logo

Proses menambahkan logo di google news
Proses Menambahkan Logo

Lengkapi data Google News dengan logo. Ada 3 ukuran yang dibutuhkan yaitu :

- Logo Square (512 x 512)

- Logo dengan latar terang (10:1)

- Logo dengan latar gelap (10:1)

Masukkan logo sesuai pada kolom yang diminta.

Menambahkan Section Feed

Pada bagian Section tambahkan Feed. Lalu akan muncul isian rinci tentang site dan RSS. Isikan RSS dengan tulisan https://namadomain.com/feeds/posts/default?alt=rss. Ganti dengan nama domain website atau blog masing-masing. Selanjutnya, sesuaikan view aksesnya untuk anyone. Lalu klik Add.

Review dan Publish

Setelah isian content dan section selesai, berganti menu ke Review dan Publish. Jika ada hal yang masih belum lengkap maka sistem akan mendeteksi. Klik Review.  Setelah itu diarahkan pada bagian mana yang perlu direvisi, ikuti saja alurnya.

Jika sudah slesai, lanjutkan dengan menyetujui bagian Term of Service. Setelah itu akan muncul pop-up untuk mengisi nama, email, tittle, dan organisasi. Klik checklist.

Proses Review
Proses Review

Kembali lagi dashboard Review dan Publish, ketika semua sudah tidak ada revisi, klik tombol biru untuk Publish. Setelah itu tunggu approval dari Google terkait permintaan kita untuk bergabung sebagai publisher di Google News. 

Jika belum disetujui maka status akan In Review, jika sudah disetujui maka akan berubah Live. 

Yuk, Daftar Google News!

Dear, proses mendaftar Google News memang cukup mudah hanya perlu beberapa langkah saja. Yang cukup lama adalah menunggu aproval dari Google News itu sendiri. 

Saran saya, tetap daftar saja karena banyak manfaat dari daftar Google News. Selain akan menjadikan artikel kita tayang di Google News sehingga akan menambah traffic ke blog/website kita, daftar di Gogole News juga media efetif dan murah untuk branding.

Yuk, Daftar Google News, Dear.

Teman Perjalananmu,

Alfiana :)

‹ Lebih lamaTerbaru ✓

3 komentar

  1. Betapa senangnya ya kalo artikel kita mejeng di Google News. Kita status sama mbak, nungguinnnnn😊

    BalasHapus
  2. Banyak manfaatnya ya, Mbak. Bagaimana nih status terakhir, sudah live kah?

    BalasHapus