header-pojok-alfiana

Cara Verifikasi Google Search Console, Gak Pake Ribet!

Cara verifikasi Google Search Console
Halo, Teman Perjalananku!

Punya artikel di blog/website tapi kok sulit sekali muncul di google? Mungkin ini saat yang tepat untuk teman-teman memasang Google Search Console.

Ketika teman-teman telah memasang Google Analytics 4 (GA4) maka juga harus memasag Google Search Console. Kalau kata Coach di Blogspedia Coaching begini, "Pasang GA4 saja tanpa pasang GSC, ibarat makan sayur tanpa asin, hambar!"

Selain, itu, dari Google sendiri juga bilang seperti ini, Dear, 

"To link a GA property to a Search Console property, you must be a verified site owner of the Search Console property and have 'edit' permissions on the GA property. Search Console properties for which you are a verified site owner are listed here."

Yaapss, memang GA property dan GSC itu satu kesatuan, mereka saling berpasangan gituu tuh, jadi nggak bisaa kalau hanya kita urus salah satu, harus keduanya, Dear.

Jadi kalau kataku, "GA property dan GSC itu saling menggenapkan, kalau hanya salah satu itu masih ganjil alias jomlo!" xixixi

Fungsi Google Search Console

Google Search Console adalah layanan gratis dari Google untuk pemilik blog/website untuk melakukan monitoring kinerja dari blog/website pada ranah organik Google.

Fungsi Google Search Console dapat mengetahui artikel atau halaman yang memiliki data traffic tertinggi, sehingga sebagi penulis artikel bisa sebagai acuan ke depannya akan membahas artikel apa.

Nah, meskipun di dashboard blogspot juga sudah ada data pengunjung, tapi itu saja tidak cukup. Menganalisa jumlah pengunjung dan data pengunjung juga merupakan fungsi dari Google Search Console ini. Bahkan bisa mengetahui domain yang memberikan link ke blog/website kita melalui perangkat yang digunakannya sekaligus, Dear.

Sehingga, penting untuk memasang Google Search Console untuk mengoptimasi kinerja blog/website. Untuk dapat merasakan fungsi dari Google Search Console nantinya kita akan melakukan verifikasi Google Search Console dulu, Dear.

Manfaat Google Search Console

Lalu apa sih manfaat lain dari Google Search Console itu? Ini dia manfaat Google Search Console yang harus temen-temen ketahui, supaya mantep untuk melakukan instalasi Google Search Console di blog/websitenya. Dikutip dari tulisan Coach Ugi, setidaknya ada 9 Manfaat ketika kita memasang Google Search Console di blog/website:

Manfaat Google Search Console
Manfaat Google Search Console

1. Menemukan keyword populer

2. Identifikasi halaman paling populer

3. Mengetahui dari mana datangnya pengujung

4. Identifikasi perangkat yang digunakan pengujung

5. Memeriksa kompatibilitas blog di perangkat mobile 

6. Mencari informasi backlink ke website

7. Memeriksa broken link

8. Identifikasi masalah keamanan blog

9. Submit sitemap

Tutorial Pasang Google Search Console

Sudah tau fungsi Google Search Console manfaat Google Search Console , kini saatnya kita memulai tutorial aktivasi di akun Google Search Console. Tenang, Dear! Proses ini nggak sesusah saat kita memasang Google Analytics dengan bantuan Google Tag Manager. Caranya akan lebih mudah dan nggak pake ribet, deh.

1. Masuk ke dashboard blog, pilih menu Settings > Crawlers and indexing > klik Google Search Console

2. Akan muncul tampilan Welcome to Google Search Console

3. Fokus pada kotak yang sebelah kanan, yaitu pada URL prefix. Isikan URL website temen-temen, kemudian klik Continue

4. Setelah itu akan muncul pop-up warna putih-hijau yang memberikan informasi Ownership auto verified, pada pop-up ini klik Go to Property

5. Akan muncul pop-up warna putih-toska, Welcome to Search Console, klik Start

6. Akan muncul dasboard Google Search Console milik kita -yang tadi Url nya ditulis- cek di sebelah pojok kiri atas, itulah akun GSC pada domain yang tadi kita daftarkan

Langkah pembuatan akun Google Search Concole sudah selesai. Selanjutnya, kita akan melakukan verifikasi Google Search Console. 

Cara Verifikasi Google Search Console

Setelah selesai melalukan tutorial pasang Google Search Concole, selanjutnya kita akan melakukan cara verifikasi Google Search Console. Hanya ada beberapa tahapan cara pasang Google Search Console, Dear. Langkahnya akan aku mulai dari nomor 7: 

7. Pada dashboard utama ini, klik Settings. Akan muncul data-data dari GSC domain yang dipilih. 

8. Pada kolom General setting > Owner verification > klik panah kanan. Akan muncul informasi 'You are a verified owner' dengan centang hijau

9. Fokus pada kolom Additional verification methods > Google Analytics > klik panah kanan > Verify.

Tampilan hasil verifikasi Google Search Console
Tampilan hasil verifikasi Google Search Console

Selamat, saat ini teman-teman sudah terverifikasi Google Search Console-nya dan Google Analyticsnya juga sudah terverifikasi. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan antara Google Search Console dan Google Analytics.

Cara Menyambungkan Google Search Console dan Google Analytics

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan antara Google Search Console dan Google Analytics. Pada tahap ini cukup mudah, kok. Tahap ini akan aku mulai dari nomor 10, ya, Dear. 

10. Pada tahap ini, teman-teman terlebih dahulu membuka tab baru Google Analytics.

11. Jika sudah berada di dashboard Google Analytics, klik Settings (gambar roda gigi) > Admin > scroll ke bawah > Product links > Search Console links

12. Akan menuju halaman Search Console link, pada halaman ini belum ada link GSC yang tertaut dengan GA, maka dari itu, kita akan membuat lik. Klik Link 

13. Akan muncul pop-up Create a link with Search Console

- Tahap 1. Choose Search Console Property > klik Choose accounts > klik centang pada domain yang tadi kita submit > Confirm > Next

- Tahap 2. Select Web Streams > Choose a data stream > Choose > Next

- Tahap 3. Review and submit > (cek apakah sudah benar data yang kita pilih) > Submit

Setelah klik Submit, akan muncul pop-up Result, nah ini adalah informasi bahwa link domain yang kita ajukan sudah berhasil. 

Tampilan Search Console link pada dashboard Google Analytics
Tampilan Search Console link pada dashboard Google Analytics

Teman-teman akan kembali lagi ke dashboard dari GA (halaman Langkah nomor 11). Pada awal tadi teman-teman belum ada link yang diindeks GA, karena teman-teman sudah melakukan langkah 12-13 dan berhasil submit, maka saat ini sudah ada Console link

Cara Submit Sitemap ke Google Search Console

Sitemap berisi daftar seluruh artikel yang ada di dalam blog/webisite dimana strukturnya hanya berisi judul dan url saja. Sitemap ini adalah file berformat .xml.

Sitemap memiliki fungsi penting bagi website/blog yang dimilik temen-temen. Berikut adalah cara submit sitemap ke Google Search Console. Langkahnya akan aku mulai dari nomor 14:

14. Pada dashboard Google Searc Console, klik Sitemap pada menu di sidebar sebelah kiri

15. Lalu akan muncul informasi sitemap, jika belum pernah submit maka akan kosong

16. Add a new sitemap > di sebelah url domain ketikkan sitemap.xml > Submit > akan muncul pop-up putih-abu tua Sitemap submitted successfully > Got it

17. Teman-teman akan dibawa kembali ke dashboard sitemap, nah akan terlihat sitemap yang baru saja kita ajukan sudah berhasil 

18. Selanjutnya adalah kita akan melakukan submit sitemap pada artikel yang ingin kita indeks

19. Caranya, copy link url artikel, copy di bagian atas Search > GSC akan melakukan Testing live URL > jika testing sudah selesai maka akan muncul hasil URL inspection > akan muncul informasi URL is a available to Google dengan centang hijau > klik Request Indexing > akan muncul pop-up Indexing requesting > Got it

20. Setelah semua proses selesai dilakukan artinya teman-teman sudah selesai melakukan Submit link ke Google Search Console. Selesai.

Tampilan Hasil Submit Inspeksi URL
Tampilan Hasil Submit Inspeksi URL

Alhamdulillah, tsumma alhamdulillah. 

Selamat, Dear, kamu telah mengetahui fungsi Google Search Console dan manfaat Google Search Console. Ketika kamu mempraktikkan 20 langkah di atas, berarti kamu telah selesai memasang Google Search Console, melakukan cara verifikasi Google Search Console, menyambungkan Google Search Console dengan Google Analitycs dan melakukan Submit Sitemap ke Google Search Console.

Semoga, ke depan kita bisa terus belajar  mengenai layanan dari Google sehingga bisa meningkatkan kebermanfaatan dari blog/webiste milik kita. 

Terus semangat dalam perjalanan ini :)

Teman Perjalananmu,

Alfiana :)

2 komentar